Diimbau Juga untuk Daftar BPJS Ketenagakerjaan Sebelum Ajukan Kredit, Cek Syarat KUR Syariah Bank Aceh

Minggu, 05 Maret 2023 | 14:15
dok.TribunPapua

KUR

GridStar.ID - KUR atau Kredit Usaha Rakyat tengah diupayakan pemerintah untuk para pelaku usaha khususnya UMKM.

Pasalnya, KUR bisa membantu mendorong perekonomian pasca pandemi.

Namun, selain mendaftar KUR, peserta juga diharap menjadi anggota dari BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagai pekerja informal yang tidak memiliki penghasilan tetap atau gaji, pelaku usaha rentan terdampak isu ekonomi.

BPJS Ketenagakerjaan diharap bisa membantu para pekerja di sektor informal.

Terdapat program yang bisa membantu pekerja di sektor informal termasuk pelaku usaha seperti Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.

Untuk mengajukan KUR, pemerintah juga mengimbau peserta harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

KUR disalurkan pemerintah melalui bank pemerintah dan bank daerah termasuk Bank Aceh.

KUR Bank Aceh ini berbasih syariah dengan subsidi bunga hingga 3% untuk UMKM.

Apa saja syarat mengajukan KUR Bank Aceh?

KUR dalam Bank Aceh disebut program Pembiayaan Multiguna

Melansir dari website resminya, pembiayaan dalam bentuk mata uang rupiah pada Bank Aceh menggunakan prinsip syariah dengan akad Murabahah, yaitu pembiayaan yang diberikan kepada seluruh anggota masyarakat dengan sistem jual beli.

Dalam hal ini Nasabah sebagai pembeli dan Bank sebagai penjual, harga jual Bank adalah harga beli dari supplier ditambah keuntungan yang disepakati dan tercantum dalam akad.

Baca Juga: Wajib Punya BPJS Ketenagakerjaan, Ini Syarat Terbaru Ajukan KUR BRI yang Dibuka Maret 2023

Ada dua kriteria nasabahnya, yakni:

- Pegawai Negeri Otonom/Pusat/BUMN/BUMD/Swasta lainnya yang pembiayaan gajinya pada Bank Aceh jaminan tambahan dibebaskan.

- Bagi Pegawai Negeri Otonom/Pusat/Karyawan BUMN/BUMD/Swasta lainnya yang pembayaran gaji tidak melalui Bank Aceh (namun sebelumnya telah membuat MoU dengan Bank Aceh), pembiayaan sampai dengan Rp. 200.000.000,- dibebaskan agunan tambahan (termasuk nasabah individu/menyetor sendiri.

Persyaratan Consumer Loan:

- Mengisi formulir permohonan- Pas Foto 3×4 = 3 Lembar (Suami/Istri yang sudah berkeluarga)- Menunjukkan asli bukti identitas dan menyerahkan foto copy 2 lembar (Suami/Istri yang sudah berkeluarga)- Daftar rincian gaji (foto copy 2 lembar)- Surat kuasa pemotongan gaji (foto copy 2 lembar)- K A R P E G (foto copy 2 lembar)- T A S P E N (foto copy 2 lembar)- Menunjukkan asli Surat Keterangan Pengangkatan Pegawai (80%, 100% & Terakhir) dan menyerahkan foto copy 2 lembar- N P W P (Pembiayaan ≥ 100 Juta foto copy 2 lembar)- Menunjukkan asli Kartu Keluarga dan menyerahkan foto copy 2 lembar- Menunjukkan asli Surat Nikah dan menyerahkan foto copy 2 lembar- Memiliki Buku Tabungan Firdaus (foto copy 2 lembar)- Jaminan tambahan (Pembiayaan diatas batas maksimal)- Tidak termasuk dalam daftar hitam Bank Indonesia serta tidak tercatat sebagai nasabah pembiayaan macet/bermasalah

Persyaratan Swasta:

- Surat Permohonan- Mengisi formulir permohonan- Pas Foto 3×4 = 3 Lembar (Suami/Istri yang sudah berkeluarga)- Menunjukkan asli bukti identitas dan menyerahkan foto copy 2 lembar (Suami/Istri yang sudah berkeluarga)- Izin Usaha : SIUP, TDP, SITU, SIUJK dan lainnya (jika dibutuhkan) yang masih berlaku- Bukti Legalitas Jaminan (SHM/SHGB/BPKB/ Bilyet Deposito/dll)- Laporan Keuangan Usaha 2 tahun terakhir- Tidak termasuk dalam daftar hitam Bank Indonesia serta tidak tercatat sebagai nasabah pembiayaan macet/bermasalah. (*)

Baca Juga: Selain Diimbau Daftar BPJS Ketenagakerjaan, Cek Juga Syarat KUR Syariah Bank Nagari

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya