Bukan Cuma CHIKA, Ternyata Miliki Asisten VIKA BPJS Kesehatan, Apa sih Fungsinya?

Sabtu, 18 Februari 2023 | 12:02
tribunnews.com

Aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan

GridStar.ID - BPJS Kesehatan terus memberikan inovasi selama masa pandemi Covid-19.

BPJS Kesehatan meluncurkan layanan baru yaitu Chika dan Vika, untuk mengurangi kerumunan dan memberikan kemudahan bagi para peserta.

“CHIKA adalah singkatan dari Chat Asistant JKN.

CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspons Artificial Intelligence (AI),” ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tangerang, Johana, Kamis (15/10).

Chika memberikan kemudahan bagi para peserta dengan dapat diakses melalui Whatsapp, Telegram, dan Facebook Messenger.

Untuk menghubungi via Whatsapp, peserta dapat mengirimkan pesan ke nomor 08118750400.

Selanjutnya untuk menguhubungi via telegram dapat mengakses link https://t.me/BPJSKes_bot.

Serta Facebook Messenger bisa diakses melaljui link berikut https://www.facebook.com/BPJSKesehatanRI/.

“Informasi yang bisa diakses peserta melalui CHIKA cukup beragam, ada sebelas pilihan informasi yang bisa didapatkan.

Sebagai contoh peserta bisa melakukan perubahan data identitas hingga perubahan kelas rawat peserta.

Selain itu, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat peserta terdaftar bisa diubah juga melalui CHIKA,” tambahnya.

Selain Chika, BPJS juga mengeluarkan layanan Voice Interactive JKN (VIKA).

Baca Juga: BPJS Checking, Lacak Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan di Sini

Vika merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab yang dapat mengecek status tagihan dan status kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1400 400.

Pada layanan tersebut, nantinya peserta akan diarahkan untuk menekan angka tertentu sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

Angka 1 untuk cek status kepesertaan JKN-KIS, angka 2 untuk perubahan data, angka 3 untuk konsultasi dokter, angka 4 untuk layanan badan usaha dan angka 5 untuk informasi dan keluhan lainnya.

“Selain CHIKA, ada pula VIKA yang bisa diakses melalui Care Center 1500 400.

Layanan CHIKA dan VIKA kami hadirkan untuk mendukung upaya pemerintah menghentikan penyebaran Covid-19.

Peserta bisa tetap mendapatkan informasi dari rumah,” ujar Johana dikutip dari laman resmi BPJS Kesehatan.

Layanan Chika dan Vika merupakan solusi yang baik untuk pererta tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan dan tentunya untuk menekan persebaran Covid-19.(*)

Baca Juga: Didapat Oleh Pekerja Penerima Upah, Berapa Besaran Iuran JKP BPJS Ketenagakerjaan? Ini Rinciannya

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Baca Lainnya