BPJS Checking, Perlu Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk Klaim Dana JHT, Ini Caranya

Kamis, 16 Februari 2023 | 13:31
dok.TribunMedan

Aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan

GridStar.ID - Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu syarat yang digunakan ketika akan melakukan klaim dana JHT.

Diketahui untuk melakukan klaim dana JHT, peserta perlu membawa dokumen seperti Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, KTP atau bukti identitas lainnya serta NPWP jika saldo lebih dari 50 juta.

Lalu bagaimana jika kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki hilang atau rusak?

Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan baik secara online maupun offline.

1. Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi Mobile JKN

2. Cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui kantor cabang

Peserta bisa melakukan pengecekan nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui kantor cabang setempat.

Peserta hanya perlu membawa KTP untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaannya.

Untuk mencetak kartu ketenagakerjaan yang hilang, berikut dokumen yang harus dibawa:

Setelah melengkapi seluruh dokumen tersebut peserta perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Peserta menemui petugas yang bersangkutan mengenai penggantian kartu.

Peserta juga bisa mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan digital sendiri melalui aplikasi JMO, berikut langkah yang harus dilakukan:

Tag

Editor : Hinggar