Viral Pasien Kanker Diabaikan RS, Ini Kata Dirut BPJS Kesehatan

Selasa, 07 Februari 2023 | 12:45
nakita

BPJS Kesehatan cegah stunting

GridStar.ID - BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang diwajibkan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Setiap masyarakat berhak mendapat pelayanan kesehatan dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

Namun, masih banyak keluhan pasien BPJS Kesehatan tentang pelayanan yang didapatkannya.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menanggapi beredarnya video pasien kanker yang mengeluhkan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, lantaran dokter menangani sedang cuti.

Dia mengatakan, saat ini pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tersebut sudah dilayani dengan baik sesuai haknya.

"Pertama, kami ucapkan terima kasih kepada peserta JKN yang concern terhadap pelayanan JKN di fasilitas kesehatan. Kami telah mengunjungi dan berkomunikasi langsung dengan pasien yang bersangkutan, sekarang sedang dirawat di ruang kemoterapi," katanya dikutip dari laman BPJS Kesehatan, Senin (6/2/2023).

Ghufron pun menyarankan kepada pasien tersebut agar segera berkoordinasi dengan petugas BPJS Siap Membantu (Satu) apabila masih terdapat kendala dalam pelayanan di RSUD tersebut.

"Tidak lupa kami mendoakan dan memberikan dukungan kepada pasien tersebut supaya lekas sembuh dan kuat menjalani rangkaian kemoterapi untuk mengobati kanker yang dideritanya.

Kami juga sampaikan ke pasien, kalau ada kendala lagi jangan sungkan hubungi kami, nanti ada petugas BPJS Satu yang siap datang membantu," lanjut dia.

Dia menekankan, setiap pasien JKN berhak mendapat pelayanan kesehatan tanpa diskriminasi.

Baca Juga: BPJS Checking, Fasilitas yang Didapat BPJS Kesehatan Kelas 3

Hal ini juga telah dicantumkan dalam kontrak kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan.

Bahkan, tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan.

Menurut Ghufron, BPJS Kesehatan selalu mengutamakan mutu pelayanan pasien JKN sehingga pihaknya akan melakukan komunikasi lebih intens dengan rumah sakit yang bekerja sama supaya memberikan pelayanan dengan baik.

"BPJS Kesehatan dengan senang hati menerima masukan dari peserta untuk meningkatkan pelayanan. Apabila peserta JKN memerlukan atau menyampaikan informasi kami telah menyediakan petugas BPJS SATU! di rumah sakit, BPJS Kesehatan Care Center 165, dan Aplikasi Mobile JKN yang siap membantu," kata Ghufron.

Ghufron juga bertemu dengan Direktur RSUD Ciawi Fusia Meidiawaty, untuk memastikan pasien JKN yang menjalani perawatan kanker tersebut serta pasien JKN lainnya mendapatkan pelayanan sesuai hak peserta dan prosedur yang berlaku.

"Kami memastikan pelayanan kepada pasien JKN tersebut sudah berjalan dengan baik sesuai prosedur. Sebagai mitra BPJS Kesehatan, tentu kami berkomitmen memberikan pelayanan semaksimal mungkin yang sesuai dengan hak pasien JKN dan ketentuan yang berlaku. Terkait pasien kanker tersebut, saat ini kondisinya dalam stadium empat dan akan terus kami pantau kondisinya secara intensif," ujarnya.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Pasien Kanker "Dicuekin" Dokter RSUD Ciawi, Dirut BPJS Kesehatan: Sekarang Sedang Dirawat"

Editor : Rahma

Baca Lainnya