Diprotes Warga Gegara Harga Tiket Kereta yang Semakin Mahal, Begini Tanggapan PT KAI

Kamis, 19 Januari 2023 | 08:15
instagram

Kereta Api

GridStar.ID-Sejumlah warganet di media sosial Twitter mengeluhkan mahalnya harga tiket kereta api saat ini. Kenaikan harga tiket kereta api ini disoroti oleh calon penumpang, yang bahkan membandingkannya dengan harga tiket kereta yang dijual sebelumnya.

Salah satunya akun @sayasihannah, yang membandingkan harga tiket kereta dengan kelas sama, yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Liat KAI access, agak mengkaget harga tiket kereta naik dengan kereta yang sama dan kelas yang sama," tulisnya.

Akun lainnya @matcharegaal juga menuliskan mahalnya harga tiket kereta api.

Ini kenapa jadi mahal banget si tiket kereta,” ujarnya.

Tanggapan KAI atas tarif tiket kereta api

Dikutip dari Kompas.com, VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus menjelaskan, tarif kereta api komersial bersifat fluktuatif menyesuaikan dengan demand dari pelanggan.

“Tarifnya juga kami pastikan selalu berada dalam tarif batas bawah (TBB)-tarif batas atas (TBA) yang telah ditetapkan,” ujar Joni saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (16/01).

Joni menambahkan, untuk kereta api yang bersifat PSO atau Public Service Obligation, tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Untuk memberikan alternatif, lanjut dia, pihaknya juga menjual tiket ke berbagai tujuan dalam berbagai kelas dan sub kelas, dengan tujuan calon penumpang bisa memilih tarif yang diinginkan sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: KAI Berikan Berbagai Promo Tiket Murah Bagi Kalangan Berikut Ini

Selain itu, tersedia tarif khusus atau harga tiket lebih murah, yang bisa diperoleh pelanggan dengan membeli tiket untuk kereta maupun rute tertentu seperti Gambir–Cirebon, Bandung–Tasikmalaya, Bandung–Banjar, Cirebon-Purwokerto, Semarang Tawang-Tegal, Semarang Poncol–Tegal, Purwokerto–Yogyakarta, Purwokerto-Solo Balapan, Madiun–Malang, Surabaya Gubeng–Jember, dan rute lainnya.

“Tiket (harga khusus) dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan,” tuturnya.

Selain itu, pihak KAI juga menyediakan berbagai event promo diskon tiket serta menyediakan tarif reduksi bagi lansia, infant, wartawan, anggota TNI, Polri, dan berbagai instansi lainnya.

(*)

Editor : Hinggar

Baca Lainnya