Sudah Dibuka Kemenag! Cek Seleksi Petugas Haji 2023, Syarat hingga Cara Daftar

Senin, 09 Januari 2023 | 14:33
kompas

Situasi ibadah haji selama pandemi

GridStar.ID - Seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2023 sudah dibuka oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU).

Melalui akun Instagram resmi @kemenag_ri, pendaftaran dimulai pada 6-13 Januari 2023 untuk petugas kloter dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Bagi yang ingin mendaftar dapat melakukan pengecekan pada Pusaka Super Apps Kemenag pada menu "Pendaftaran Petugas Haji".

"Rekrutmen petugas haji dilakukan secara berjenjang.

Untuk petugas kloter dan PPIH Kemenag tingkat kabupaten/kota, pendaftaran dibuka mulai 6-13 Januari 2023," tulis Kemenag, Jumat (6/1/2023).

Pendaftaran PPIH 2023 secara online

Direktur Bina Haji Ditjen PHU Arsad Hidayat mengungkapkan, pendaftaran PPIH 2023 dilakukan secara online agar mudah dan transparan.

"Pusaka Super Apps Kemenag bisa di-download melalui iOS dan Playstore," ucapnya dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (7/12/2023).

Syarat petugas haji 2023

Kemenag akan membuka seleksi untuk dua formasi, yakni ketua kloter dan petugas pembimbing ibadah haji kloter.

Bagi pendaftar pembimbing ibadah haji wajib memiliki syarat sudah pernah melakukan ibadah haji dan mempunyai sertifikat Pembimbing Manasik.

Sementara itu, untuk pendaftar PPIH, harus mahir mengoperasikan Ms Office dan Aplikasi Pelaporan PPIH.

Baca Juga: Yang Ditunggu-tunggu Usai Drama Panjang, Haji Faisal Akhirnya Kantongi Hak Perwalian Gala Sky Anak Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Tulis Pesan Haru

Seleksi petugas kloter dan PPIH Arab Saudi terbuka untuk umum dengan syarat:

- Harus ada rekomendasi dari ormas Islam, lembaga pendidikan, atau pesantren - Khusus PNS yang ingin mengikuti harus melampirkan surat tugas dari kementerian/lembaga.

Cara daftar dan tahapan seleksi petugas haji 2023

Berikut tata cara pendaftaran petugas haji 2023:

- Masuk ke laman Pusaka Kemenag, pilih menu "Pendaftaran Petugas Haji" dan klik "Daftar". - Peserta akan diarahkan untuk mengisi sejumlah data, meliputi nomor induk kependudukan (NIK), tanggal lahir, username, alamat email, kata sandi, serta konfirmasi kata sandi. - Kemudian, isi soal penjumlahan di kotak yang tersedia, dan klik "Daftar".

Sebagai informasi tambahan, NIK yang berhak mendaftar hanya yang sudah lolos verifikasi manual tingkat kabupaten/kota.

Pengumuman seleksi administrasi ini akan diinformasikan pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Selanjutnya bagi peserta yang lolos akan menjalani computer assisted test (CAT) tingkat pertama di kabupaten/kota pada 17 Januari 2023 dan diumumkan hasilnya pada 18 Januari 2023.

Setelah itu, bagi yang berhasil lolos seleksi kabupaten/kota akan mengikuti seleksi CAT tingkat provisnsi pada 24 Januari 2023. (*)

Baca Juga: Kata-kata Pedas Lenggogeni Faruk bak Sindir Kelakuan Fuji An dan Thariq, Anak Haji Faisal Langsung Jadi Gunjingan Sekeluarga: Diomongin Bersepuluh!

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas

Baca Lainnya