Mudah! Cuma dengan Ini Cara Membatalkan Tiket Kereta Lewat KAI Access

Jumat, 30 Desember 2022 | 08:15
Dok. Shutterstock/Akhmad Dody Firmansyah

Ilustrasi kereta api. Stasiun Cipeundeuy di Garut menjadi stasiun sakti karena semua kereta wajib berhenti di sana.

GridStar.ID-Masyarakat dapat melakukan pembatalan tiket kereta api secara online melalui aplikasi KAI access maupun langsung di stasiun. Lantas apa saja syarat membatalkan tiket kereta?

Tak jarang tiket kereta api yang sudah dibeli harus dibatalkan karena keperluan mendadak. Misalnya kantor tidak menyetujui pengajuan cuti di tanggal keberangkatan.

Bisa juga tiba-tiba ada keperluan mendesak yang membuat tidak bisa melakukan perjalanan di tanggal yang sudah dipesan.

Oleh karena itu, PT KAI menyediakan fitur pembatalan tiker kereta api untuk memudahkan penumpangnya.

Dikutip dari laman kereta-api.co.id, pembatalan tiket kereta dapat dilakukan di stasiun-stasiun tertentu. Misalnya di wilayah DKI Jakarta, dapat dilakukan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Kemudian, pembatalan dapat dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api sesuai dengan yang tercantum di boarding pass.

Penumpang akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 25 persen dari tarif kereta api di luar biaya pemesanan. Pengembalian biaya dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau diambil tunai di stasiun yang ditunjuk.

Syarat membatalkan tiket kereta.

Sebelum mengetahui cara membatalkan tiket kereta, ketahui dulu syarat pembatalan tiket kereta.

Dikutip dari laman kai.id, berikut syarat pembatalah tiket kereta api:

  • Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan dengan menunjukkan bukti identitas asli sesuai data yang tercantum pada Boarding Pass serta menyerahkan fotokopinya.
  • Apabila pemohon pembatalan bukan pemilik Boarding Pass, maka wajib melampirkan surat kuasa bermaterai dari pemilik Boarding Pass kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan. Penerima kuasa tetap menunjukkan bukti identitas asli penerima kuasa, bukti identitas asli pemilik Boarding Pass serta menyerahkan salinan (fotokopi) bukti identitas pemilik Boarding Pass dan penerima kuasa.
  • Jika Boarding Pass yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama, maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud.
  • Pemohon mengisi formulir pembatalan terdiri dari rangkap dua berupa data Boarding Pass dan data penumpang serta keterangan pengambilan biaya dilakukan secara tunai.
  • Penumpang yang melakukan pengambilan biaya secara tunai, menyerahkan tembusan formulir pembatalan yang telah divalidasi dan menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai. Jika dalam satu formulir pembatalan terdapat lebih dari satu nama penumpang, maka pengambilan biaya dapat diwakilkan pada salah satu penumpang yang tertera pada formulir tersebut.
  • Jika formulir pembatalan hilang, maka wajib melampirkan surat keterangan kehilangan dari Kepolisian pada saat pengambilan biaya secara tunai di loket.
Baca Juga: Masih Dibuka hingga Kini, Catat Lowongan Kerja 2 Perusahaan Kereta Api Ini

Cara pembatalan tiket kereta

Dilansir dari informasi yang ada di aplikasi KAI Access, penumpang dapat melakukan pembatalan tiket kereta api di stasiun tertentu dan aplikasi KAI Access.

1. Cara pembatalan tiket kereta di stasiun

Sebelumnya, penumpang harus melihat daftar stasiun pembatalan di laman ini dan memilih stasiun pembatalan yang deket dari lokasinya.

Apabila telah memilih stasiun yang sudah dituju, maka dapat mengikuti Cara pembatalan tiket kereta di stasiun berikut ini:

  • Mendatangi stasiun pembatalan
  • Mengisi dan menandatangani formulir pembatalan yang telah disediakan
  • Membawa identitas asli, fotokopi identitas.
2. Cara pembatalan tiket kereta api online di KAI Access

  • Pada menu Tiket, pilih kode booking perjalanan kereta yang akan dibatalkan
  • Pada halaman tersebut, klik tombol "Pembatalan".
  • Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan perjalanan kereta.
  • Baca dan centang Syarat & Ketentuan kemudian "Lanjut" untuk proses pembatalan.
  • Pada halaman Akun Bank, masukan akun bank dengan benar untuk pengembalian bea (refund). Kemudian lanjutkan proses pembatalan.
  • Pada halaman konfirmasi, pastikan pembatalan perjalanan kereta telah sesuai dengan yang Anda pilih pada tahap sebelumnya. Klik tombol "Ya Saya Yakin" untuk proses selanjutnya.
  • Selamat proses pembatalan perjalanan kereta telah berhasil
  • Demikian penjelasan terkait cara pembatalan tiket kereta di stasiun maupun aplikasi KAI Acces. Jangan lupa untuk menyiapkan syarat pembatalan tiket kereta.
(*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya