GridStar.ID - Ke mana kita bisa mendapat informasi tentang BPJS Kesehatan?
Anda dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan jika memerlukan bantuan seputar BPJS Kesehatan.
Call center BPJS Kesehatan merupakan layanan informasi maupun pengaduan yang diperuntukkan bagi peserta untuk mendapatkan berbagai informasi maupun pengaduan tertentu mengenai BPJS Kesehatan.
Layanan call center BPJS dapat diakses dengan mudah oleh peserta secara online melalui Aplikasi JKN, WhatsApp, Telegram, Twitter.
Untuk selengkapnya, berikut ini KompasTekno rangkum daftar lengkap call center BPJS yang dapat diaskes lewat online beserta cara mengaksesnya.
Aplikasi JKN Mobile
Unduh aplikasi JKN Mobile di Play Store (Android) atau App Store (iOS)
Buka aplikasi Mobile JKN
Log in menggunakan NIK/nomor kartu dan password
Masukkan kode captcha pada kolom yang sudah disediakan Klik “Login”
Pilih menu “Informasi dan Pengaduan”
Baca Juga: Tercover BPJS Kesehatan, Berapa Tahun Sekali Ketentuan Ganti Kacamata?
Pilih nama peserta
Klik ikon “+” untuk mengisi formulir pengaduan keluhan
Isi data peserta, tanggal kejadian, kategori, provinsi, kota/kabupaten, dan menginformasikan keluhan Anda
Jika selesai klik “Laporkan”
WhatsApp BPJS
Hubungi nomor call center WhatsApp BPJS di 08118750400 Masuk ke ruang obrolan dan ketikkan “BPJS”
Nantinya Anda akan menerima beberapa opsi menu yang Anda inginkan seperti 1.Cek status peserta, 2. Cek tagihan Iuran, 3. Skrining kesehatan, 4. Tutorial Mobile JKN, 5. Panduan layanan, 6. Layanan pandawa, 7. Cari lokasi
Ketikkan salah satu menu (contoh: 6)
Tunggu hingga menerima balasan otomatis dari seputar menu yang Anda pilih
Telegram BPJS
Masuk ke aplikasi Telegram Anda
Ketikkan “Chika BPJS Kesehatan” di kolom pencarian Telegram
Baca Juga: Tercover BPJS Kesehatan, Berapa Tahun Sekali Ketentuan Ganti Kacamata?
Pada ruang obrolan, nantinya Anda akan menerima balasan berupa beberapa menu yang bisa Anda pilih mirip dengan menu WhatsApp
Pilih salah satu menu yang Anda inginkan (contoh: "Layanan Pandawa”)
Tunggu hingga menerima balasan otomatis seputar menu yang Anda pilih
Twitter BPJS Kesehatan
Log in ke akun Twitter Anda
Ketikkan username Twitter dengan handle @BPJSKesehatanRI Klik ikon Direct Message “DM”
Ketikkan “BPJS” di ruang obrolan direct message Twitter Nantinya Anda akan diinstruksikan untuk mengisi data diri berupa nama, NIK, nomor kartu peserta (jika ada), tanggal lahir, dan informasi/pengaduan
Ketikkan sesuai instruksi
Kemudian klik "Kirim"
Selain beberapa call center tersebut yang dapat diakses lewat online, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan call center via telepon di 165 untuk memberikan informasi lain terkait BPJS Kesehatan maupun pengaduan tentang keluhan layanan BPJS.
Itulah beberapa daftar call center BPJS Kesehatan yang dapat diakses secara online.
(*)