10 Tol Baru yang Akan Dibuka Jelang Nataru dari Sumatera hingga Jawa

Senin, 19 Desember 2022 | 11:15
Dok. Jasa Marga

Tol Japek II Selatan siap beropeasi pada 2023

GridStar.ID - Tak lama lagi masyarakat akan merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2023.

Biasanya masyarakat akan mudik atau menghabiskan waktu liburan dengan pergi ke tempat wisata.

Jelang liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sejumlah ruas jalan tol baru di tanah air siap dibuka.

Menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ada 10 jalan tol dengan 2 ruas tol siap beroperasi dan delapan jalan tol akan dibuka fungsional.

Dikutip dari Kompas.com, ini 10 jalan tol yang akan dibuka dan siap beroperasi mulai dari Pulau Sumatera hingga Jawa:

1. Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu

Ruas jalan tol pertama yang akan beroperasi menjelang libur Nataru berada di Provinsi Bengkulu, yakni Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung.

Operasional tol sepanjang 16,7 km ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 988/KPTS/M/2022 tertanggal 25 Agustus 2022.

2. Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3

Selain di Bengkulu, di Jawa Barat tepatnya Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Tol Cisumdawu Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 4,8 km juga dijadwalkan akan beroperasi.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Gara-Gara Banyak yang Liburan ke Luar Negeri Saat Natal dan Tahun Baru, Januari 2022 Kasus Omicron Melonjak

Bukan hanya Seksi Pamulihan-Sumedang, Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km turut beroperasi menjelang libur Nataru.

Operasional Tol Cisumdawu Seksi 2 dan Seksi 3 ini berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga Nomor 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka tertanggal 11 November 2022.

Tol dibuka fungsional Masih dari sumber yang sama, berikut delapan tol yang akan dibuka secara fungsional untuk mendukung lalu lintas selama libur Nataru:

1. Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung

Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km telah dilakukan uji laik fungsi tertanggal 23 September 2022.

Oleh karena itu, jalan tol ini siap untuk dibuka secara fungsional pada akhir tahun nanti.

2. Tol Semarang-Demak Seksi 2

Sayung-Demak Saat ini, kemajuan konstruksi Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km telah mencapai 99,2 persen.

Sisanya, berupa penyelesaian pekerjaan minor dan uji laik fungsi akan dilaksanakan pada minggu pertama Desember 2022.

3. Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3

Baca Juga: Masyarakat Bisa Bernapas Lega? Pakar Ini Sebut Pandemi Covid-19 Berakhir Setelah Libur Natal dan Tahun Baru, Namun Perlu Tetap Waspadai Hal Ini

Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara memiliki panjang 8,5 km.

Menjelang Nataru, main road Tol Sadang-Kutanegara ini siap dibuka secara fungsional melalui jalan kawasan industri ke Simpang Susun (SS) Karawang Timur.

4. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan Seksi 6

Jalan tol yang akan dibuka secara fungsional selanjutnya, yaitu Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru sepanjang 7,3 km.

Selain itu, ada pula Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km. Adapun main road kedua ruas tol di Aceh ini, ditargetkan akan selesai pada minggu ketiga Desember 2022.

5. Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom

Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringinanom di Jawa Timur telah dilakukan uji laik fungsi pada Oktober 2022.

Dengan begitu, ruas tol sepanjang 7,45 km ini siap dibuka secara fungsional guna mendukung arus lalu lintas Nataru.

6. Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A

Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A Kukusan-Krukut sepanjang 3 km akan menambah daftar ruas tol yang bisa digunakan secara fungsional pada Nataru mendatang.

Baca Juga: Habiskan Libur Natal dan Tahun Baru bareng Keluarga Gading Marten di Bali, Begini Tanggapan Gisella Anastasia Soal Kemungkinan Rujuk dengan Ayah Gempi: Tadinya Tidak Mau, Tapi...

7. Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km, terpantau masih menyisakan pekerjaan.

Pekerjaan tersebut antara lain penyelesaian jembatan Cibadak di Km 15+100-Km 15+360 yang ditargetkan selesai pada 17 Desember 2022.

Ada juga pekerjaan di Km 18+675-KM18+925 yang dijadwalkan selesai pada 20 Desember 2022.

8. Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1

Jalan tol siap dibuka secara fungsional saat Nataru selanjutnya adalah Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura di Sumatera.

Konstruksi tol sepanjang 20,4 km ini terpantau telah mencapai 94,7 persen dengan target selesai pada akhir Desember 2022. (*)

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya