Mengaku Pacari Gadis di Bawah Umur, Kriss Hatta Dikecam KPAI, Peringatkan Tentang Child Grooming

Kamis, 29 September 2022 | 13:31
dok.TribunWow

Kriss Hatta pacari anak 14 tahun

GridStar.ID - Kriss Hatta kembali menjadi sorotan usai mengaku tengah berkencan dengan perempuan yang usianya jauh lebih muda darinya.

Kriss Hatta mengaku tengah berkencan dengan anak yang masih berusia 14 tahun.

Kriss Hatta mengatakan jika dirinya sedang menjalin hubungan dengan perempuan yang berjarak 20 tahun dengannya.

"Nyaman kok dengan anak berbeda 20 tahun. Kayaknya, lebih sabar menghadapi aku yang lebih dominan dari segi mengatur, dari segi kasih tahunya, gitu,” ucap Kriss Hatta.

Kriss Hatta bahkan menyebut orang tua sang kekasih juga memberikannnya dukungan.

“Oh, yang masih belia itu ya? Sampai sekarang masih kok. Anaknya, aduh, baik banget.

Memang sengaja aku enggak publish. kata Ibunya, 'sudah, jangan di-publish. Nanti biarkan dia mendapatkan populernya dia dengan caranya sendiri. Jangan lewat kamu',” kata Kriss Hatta.

Pastinya hal tersebut membuat banyak orang mengecam keputusan Kriss Hatta itu.

Bahkan aktivis perempuan Kalis Mardiasih ikut berbicara mengenai hal ini.Kalis menyinggung mengenai child grooming.

“Child grooming adalah aktivitas membangun ikatan emosional dan rasa percaya lewat hubungan romantik yang dilakukan orang dewasa kepada anak di bawah umur,” tulis Kalis Mardiasih pada Rabu (28/09).

Baca Juga: Masih Ingat Hilda Vitria? Putus dari Billy Syahputra dan Kriss Hatta Malah Makin Tajir Jadi Bos 4 Usaha Ini, Pamer Mobila Mewah

Menurutnya, child grooming kerap menjadi modus awal pelecehan seksual terhadap anak.

"Tahap-tahap child grooming seperti menargetkan calon korban usia anak-anak, upaya mendapatkan kepercayaan, isolasi (kencan atau travelling), seksualisasi hubungan, dan mengelolan kontrol atau kuasa,” tulisnya.

Tak sampai di sana, KPAI juga mengecam keras tindakan Kriss Hatta yang memutuskan berpacaran dengan anak usia 14 tahun.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengungkap keberatan atas pernyataan yang disampaikan Kriss Hatta yang dinilai memberikan contoh buruk pada masyarakat.

"Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure. Apa yang dilakukan ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia terutama para remaja," kata Retno dikutip dari Tribunnews.com pada Rabu (28/09).

"Public figur harusnya mendukung program pemerintah yang berdampak baik bagi bangsa ini. Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-haknya untuk tumbuh kembang secara optimal," tegasnya. (*)

Editor : Hinggar

Sumber : Tribunnews.com, Kompas.com

Baca Lainnya