Kena Tegur Ridwan Kamil Karena Akan Daftarkan Citayam Fashion Week, Baim Wong Kini Lepaskan Pendaftaran Merek: Saya Tidak Ada Niat Ambil Hak Orang

Selasa, 26 Juli 2022 | 11:01
tribunnews.com

Baim Wong (kiri), Bonge dan Paula Verhoeven (kanan)

GridStar.ID - Citayam Fashion Week kini menjadi sorotan publik tanah air.

Bahkan banyak orang berbondong-bondong untuk ikut beraksi di sana memamerkan busana terbaik mereka di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Bahkan artis hingga para pejabat ikut meramaikan Citayam Fashion Week tersebut.

Dikabarkan Baim Wong berencana untuk mendaftarkan nama Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Namun niatan dari Baim Wong ini mendapatkan reaksi pro dan kontra dari banyak orang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat menyinggung niatan Baim Wong yang ingin mendaftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI.

Ia memberikan nasihat agar hal ini tak perlu dikomersilkan dan dibiarkan natural tanpa ada campur tangan orang luar.

"Dear Baim Wong dkk. Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya pada Senin (25/07).

“Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” lanjut Emil.

Ridwal Kamil menilai jika fenomena ini terjadi karena orang-orang itu hanya membutuhkan ruang ekspresi tanpa adanya campur tangan orang di luar komunitas.

Baca Juga: Dituding Jadi Orang Kaya Paling Serakah, Baim Wong Akhirnya Bongkar Alasannya Kuasai Citayam Fashion Week, Sebut Paula Verhoeven Jadi Sebabnya: Berawal dari Istri Saya...

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture,” tulis Emil.

“Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur,” tulis Emil.

“Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan Anda,” lanjutnya.

Ridwan Kamil juga meminta agar Baim Wong dan Paula membatalkan niatannya mendaftarkan merek Citayam Fashion Week tersebut.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini,” tulis Emil.

“Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” jelasnya.

Setelah cukup banyak orang yang menentang keinginannya mendaftarkan merek Citayam Fashion Week, Baim Wong akhirnya angkat bicara.

Baim Wong kini memilih melepaskan pendaftaran dari Citayam Fashion Week ke HAKI.

Baim mengatakan jika niatannya mendaftarkan Citayam Fashion Week agar nantinya acara fashion ini lebih terarah.

Baim juga menegaskan tak ingin mengambil hak orang atas kejadian tersebut.

Baca Juga: 'Created by Poor, Stolen by Rich', Baim Wong Dihujat Satu Indonesia Usai Patenkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham: Enak Om Ngeklaim CFW?

Oleh karena itulah suami Paula Verhoeven itu memilih untuk melepaskan pendaftaran HAKI atas Citayam Fashion Week yang sudah didaftarkan pada 20 Juli lalu.

"Saya minta maaf ya kalau memang akhirnya jadi seperti ini. Demi Allah saya tidak pernah punya niatan untuk mengambil hak orang. Saya orang Islam, Insyaallah saya tidak akan melakukan itu. Saya insyaallah niatnya benar-benar mau ini menjadi terarah," jelas Baim.

"Jadi memang kita mau melepaskan, nggak mau jadi kayak seperti ini. Tadinya berpikiran akan di bikin HAKI bareng-bareng juga sama mereka, cuman saya bilang 'daripada berkelanjutan lah' saya bisa bilang 'nggak lah'," pungkasnya.

(*)

Editor : Hinggar

Sumber : Kompas.com, Instagram, Tribunnews.com

Baca Lainnya