Kabar Baik Bagi Penderita Asam Urat, Garam Ini Ternyata Ampuh Sembuhkan Nyeri hingga Sendi Bengkak, Asal Begini Cara Gunakannya

Jumat, 04 Maret 2022 | 20:31
Kompas

Garam epsom

GridStar.ID - Penderita hipertensi dianjurkan untuk menjaga asupan makanan.

Salah satunya untuk mengurangi kadar garam.

Pasalnya garam dapat menyebabkan tekanan darah naik.

Meskipun berbahaya bagi penderita darah tinggi atau hipertensi, ada salah satu garam yang malah ampuh untuk menjadi obat alami.

Garam tersebut adalah garam epsom.

Garam ini berbeda dengan garam dapur pada umumnya.

Ia malah terbilang ampuh untuk mengatasi penyakit asam urat.

Tak hanya itu saja, garam epsom juga sangat bagus untuk kecantikan dan obat alami penyakit lainnya.

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penderita Hipertensi! Tak Perlu Keluar Biaya Mahal ke RS, Cukup Rutin Minum Kesukaan Sejuta Umat Ini Ampuh Obati Darah Tinggi

Salah satunya yang sering digunakan adalah garam epsom yang populer untuk meredakan nyeri otot dan stres.

Orang-orang menggunakan rendaman kaki garam epsom untuk berbagai keluhan terkait kaki. Garam epsom merupakan senyawa alami yang mengandung magnesium sulfat dan memiliki struktur yang mengkristal.

Dilansir dari epsomsaltcouncil.org dalam artikel '5 Reasons to Soak Your Feet in Epsom Salt', garam epsom (sebenarnya magnesium sulfat) dapat diserap melalui kulit, kata Bowman.

Itu membantu meredakan nyeri otot dan sendi, kaki bengkak dan meradang, infeksi jamur pada kaki dan kaki, serta masalah bau dan kulit.

“Garam Epsom membantu mengurangi pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi,” kata Bowman, mantan presiden Texas Podiatric Medical Association dan seorang pelari yang rajin berendam dalam garam epsom saat berlatih.

“Ada hari-hari ketika saya mungkin melakukan lari 14 mil, dan lutut, pergelangan kaki dan kaki saya sangat sakit. Saya akan berendam selama 15 sampai 20 menit, dan ketika saya keluar, persendian saya kendur dan tidak terlalu sakit."

Bowman merekomendasikan perendaman yang sama untuk pasiennya di Houston Foot Specialists saat mereka mengatasi masalah kaki.

Dia mengatakan garam epsom dapat membantu dalam beberapa cara, termasuk:

- Meredakan nyeri otot dan sendi, baik karena penggunaan berlebihan setelah berolahraga atau karena artritis.- Mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat trauma atau patah tulang.- Menenangkan kulit kering, yang sering kali bermula dari kekurangan magnesium.- Membantu menarik infeksi dari kaki dan kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam.

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penderita Hipertensi! Tak Perlu Takut Lagi Makan Enak, Tekanan Darah Langsung Turun dengan Cabai Rawit Asal Begini Cara Konsumsinya

Tak hanya itu manfaat lainnya yang bisa dirasakan usai merendam air garam dilansir dari medicalnewstoday.com dalam artikel 'What are the benefits of Epsom salt foot soaks?' (19/09/19).

1. Meredakan peradangan

Sementara beberapa mengklaim bahwa rendaman kaki garam Epsom menghilangkan racun dari tubuh, belum ada bukti kuat untuk mengkonfirmasi hal ini.

Namun, penyerapan magnesium melalui kulit dapat meningkatkan kadar mineral dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Mengurangi peradangan dapat meredakan nyeri dan kekakuan yang terkait dengan kondisi, seperti radang sendi dan asam urat.

2. Mengelupas kulit

Struktur senyawa kristal garam Epsom memberikan pengelupasan kulit mati di kaki.

Rendaman kaki dapat membantu mengurangi kekasaran dan membuat kaki lebih lembut.

3. Mengurangi bau

Semua jenis rendam kaki dapat membantu mengurangi bau dan membersihkan kaki.

Menjaga kaki tetap bersih dan bebas dari bakteri bermanfaat untuk kesehatan kaki secara keseluruhan.

(*)

Artikel ini telah tayang di GridHealth.id dengan judul Merendam Kaki dengan Air Garam Epsom Usir Berbagai Keluhan Penyakit

Editor : Rahma

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya