Kabar Gembira Bagi Penderita Darah Tinggi, Konsumsi Jahe yang Dicampur Bahan Dapur Satu Ini Nyatanya Ampuh Jadi Obat Alami Turun Tensi

Kamis, 03 Maret 2022 | 13:31
Kompas.com

Keluarga Sehat, 5 Manfaat Jahe Ini Jarang Diketahui, Obati Migrain!

GridStar.ID - Hipertensimenjadi salah satu penyakit yang ditakuti masyarakat.

Pasalnya tekanan darah yang tinggi bisa membahayakan nyawa.

Tensi yang tinggi secara mendadak dapat menyebabkan penyakit lain seperti stroke.

Makanya kebanyakan dokter bakal memberikan beberapa obat untuk menurunkannya.

Tapi, tentu saja tubuh sangat berbahaya jika terus menerut diberikan obat-obatan kimia.

Sudah banyak obat alami yang ditawarkan untuk menurunkan darah tinggi.

Nah, salah satunya yang ampuh adalah jahe dan bawang putih yang dikonsumsi secara bersamaan.

Tak hanya darah tinggi, sederet penyakit berbahaya pun mampu diatasi oleh dua bahan dapur tersebut.

Kikra-kira apa saja ya khasiatnya?

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penderita Hipertensi! Tak Perlu Keluar Biaya Mahal ke RS, Cukup Rutin Minum Kesukaan Sejuta Umat Ini Ampuh Obati Darah Tinggi

1. Sebagai anti-inflamasi

Salah satu manfaat jahe dan bawang putih yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan.

Meskipun respons peradangan tubuh itu penting untuk menjaga tubuh tetap sehat, tetapi peradangan kronis bisa berkaitan terhadap perkembangan banyak penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker tertentu.

Bawang putih dan jahe mengandung senyawa tanaman anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu menghambat protein pro-inflamasi terkait dengan peradangan kronis.

2. Melindungi tubuh dari kerusakan sel

Stres oksidatif terjadi ketika ada kelebihan molekul yang disebut spesies oksigen reaktif (ROS) yang membanjiri pertahanan tubuh.

Sistem pertahanan antioksidan tubuh mencakup enzim antioksidan, seperti superoksida dismutase dan glutathione peroksidase. Ini membantu menjaga tingkat ROS tetap seimbang.

Namun, ketika sistem ini kewalahan, stres oksidatif terjadi, yang menyebabkan kerusakan sel.

Baca Juga: Kabar Baik Bagi Penderita Hipertensi! Tak Perlu Takut Lagi Makan Enak, Tekanan Darah Langsung Turun dengan Cabai Rawit Asal Begini Cara Konsumsinya

Studi menunjukkan bahwa bawang putih dan jahe dapat membantu mengurangi penanda stres oksidatif, termasuk senyawa malondialdehid yang sangat reaktif dan merusak.

3. Baik untuk kesehatan kognitif

Mengonsumsi bawang putih dan jahe secara teratur atau mengonsumsi suplemen bawang putih dan jahe dapat membantu melindungi otak dan meningkatkan kognisi.

Beberapa studi populasi telah menyarankan bahwa mengonsumsi bawang putih mungkin bakal membantu banget untuk melindungi terhadap gangguan kognitif pada populasi tertentu. 4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa jahe dan bawang putih dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Seperti tekanan darah tinggi dan kadar lipid darah tinggi, serta membantu melindungi dari penyakit jantung.

5. Mengatasi diabetes

Bawang putih dan jahe dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada penderita diabetes, terutama kalau kita mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Penderita Hipertensi, Minum Teh yang Diseduh dengan Air Dingin Ternyata Ampuh Atasi Tekanan Darah Tinggi, Begini Cara Buatnya

Kalau tertarik menggunakan suplemen bawang putih dan jahe untuk mengobati diabetes atau peningkatan kadar gula darah, hubungi ahli kesehatan untuk memastikan keamanannya.

6. Mencegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya bawang putih dan jahe dapat memberikan perlindungan terhadap kanker tertentu.

Ini mungkin karena konsentrasi senyawa anti-inflamasi dan antioksidan keduanya yang membantu melindungi terhadap kerusakan sel.

7. Meningkatkan sistem imun

Bawang putih dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus, dan antimikroba yang kuat.

Dengan demikian, menambahkannya ke dalam menu makanan dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Bawang putih mengandung senyawa, termasuk allicin dan dialil sulfida, yang dapat membantu meningkatkan aktivitas sel kekebalan dan menghambat ekspresi protein inflamasi.

Sedangkan jahe juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan dengan menghambat sel memproduksi protein yang memicu peradangan.

(*)

Artikel ini telah tayang di cewekbanget.grid.id dengan judul Konsumsi Jahe dan Bawang Putih Bersamaan, Ini 7 Khasiatnya Buat Tubuh!

Editor : Rahma

Sumber : Cewekbanget

Baca Lainnya