Berkaca dari Dorce Gamalama, Meninggal Dunia Lantaran Positif Covid-19, Selain Diabetes Ternyata Penyakit Komorbid Ini Paling Mematikan Jika Terinfeksi Virus Corona

Jumat, 18 Februari 2022 | 09:02
Instagram @dg_kcp

Kondisi terkini Dorce Gamalama

GridStar.ID - Dorce Gamalama meninggal duni lantaran positif Covid-19.

Seperti diketahui, belakangan kondisi kesehatan Dorce sedang drop lantaran penyakit diabetes yang diderita sejak lama.

Penyakit bawaan memang bisa memperparah kondisi pasien Covid-19.

Tak hanya itu saja, penyakit bawaan juga mempengaruhi penyembuhannya juga.

Komorbid atau penyakit bawaan lah yang biasanya memperparah virus covid-19 di dalam tubuh kita.

Namun ternyata, bukan diabetes lah yang paling mengerikan, melainkan penyakit lain.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi salah satu komorbid yang paling berbahaya.

Tak hanya dua penyakit itu saja, berikut deretan penyakit bawaan atau komorbid yang membahayakan bagi penyitas covid-19.

Baca Juga: Keinginannya untuk Dimakamkan Sebagai Perempuan Jadi Kontroversi, Anak Angkat Sebut Mimpi Besar Dorce Gamalama Sebelum Wafat, Bukan Soal Pemakaman: Orang Baik, Nggak Perlu Dipertanyakan Lagi

1. Tekanan darah tinggi

Melansir laman resmi Rumah Sakit Hermina, hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan berbagai komplikasi.

Penyebab darah tinggi di antaranya karena faktor usia, kelebihan berat badan, kurang olahraga, dan konsumsi garam berlebih.

Apabila penyakit tidak terkontrol, tekanan darah tinggi lambat laun bisa merusak sejumlah organ vitak, seperti jantung dan ginjal. Karena itu, orang yang mengidap hipertensi sangat berisiko mengalami kondisi yang lebih parah ketika terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 biang Covid-19.

2. Diabetes melitus atau penyakit gula darah tinggi

Penyakit diabetes adalah penyakit bawaan atau komorbid Covid-19 yang perlu dikendalikan dengan pengobatan intensif. Penyakit diabetes yang tidak terkontrol bisa melemahkan daya tahan tubuh dan menimbulkan kerusakan berbagai organ vital.

Penderita diabetes yang terinfeksi Covid-19 berisiko fatal karena infeksi virus corona juga meningkatkan risiko komplikasi berbahaya seperti ketoadiosis dan infeksi yang meluas atau sepsis.

3. Penyakit jantung

Melansir laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), penyakit bawaan komorbid Covid-19 yang perlu diwaspadai lainnya yakni penyakit jantung.

Baca Juga: Sempat Buat Konten Bersama Sebelum Tutup Usia, Denny Sumargo Ungkap Permintaan Dorce Gamalama Semasa Hidup Tak Kesampaian: Nasib Yatim Piatu

Penyakit ini bisa membuat penderita lebih rentan terkena Covid-19 dengan gejala lebih berat dan fatal.

Beberapa jenis penyakit jantung komorbid Covid-19 di antaranya gagal jantung, penyakit jantung koroner, sampai kardiomiopati.

4. Penyakit gangguan pernapasan

Covid-19 kebanyakan menyerang saluran pernapasan. Untuk itu, orang yang punya penyakit bawaan atau komorbid gangguan pernapasan berisiko lebih tinggi mengalami gejala lebih parah saat terinfeksi virus corona.

Beberapa gangguan pernapasan yang perlu diwaspadai di antaranya penyakit paru obstruktif kronis, asma, penyakit paru interstisial, fibrosis kistik, dan hipertensi paru.

5. Penyakit ginjal kronis

Menurut data dari Analisis Kematian Pasien Covid-19 berdasarkan Usia dan Riwayat Komorbid oleh tim Satgas Penanganan Covid-19, penderita penyakit ginjal kronis memiliki risiko kematian 13,7 kali lebih besar ketimbang pasien tanpa penyakit ginjal.

Angka risiko tersebut lebih tinggi ketimbang penyakit bawaan atau komorbid Covid-19 lain seperti penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi.

Baca Juga: Sempat Buat Konten Bersama Sebelum Tutup Usia, Denny Sumargo Ungkap Permintaan Dorce Gamalama Semasa Hidup Tak Kesampaian: Nasib Yatim Piatu

6. Penyakit gangguan saraf

Penyakit bawaan atau komorbid gangguan saraf juga membuat penderita lebih rentan ketika terkena Covid. Beberapa gangguan saraf atau neurologis contohnya yakni demensia sampai penyakit alzheimer.

7. Penyakit atau gangguan sistem endokrin

Gangguan sistem endokrin seperti hipertiroid dan hipotiroid; kelainan bentuk kelenjar tiroid, kanker tiroid juga termasuk penyakit bawaan atau komorbid Covid-19 yang perlu diwaspadai. Penyakit yang disebabkan gangguan sistem endokrin ini bisa peradangan yang bisa memperparah Covid-19.

8. Penyakit liver

Segala jenis penyakit liver seperti penyakit liver kronis, penyakit liver terkait alkohol, fatty liver, dan sirosis juga bisa membuat seseorang terkena Covid-19 yang lebih parah ketimbang orang tanpa komorbid liver.

Beragam penyakit bawaan atau komorbid Covid-19 di atas memang dapat meningkatkan risiko kematian dan tingkat keparahan penyakit ketika terinfeksi virus corona. Namun, risiko tersebut bisa ditekan dengan vaksinasi Covid-19.

Beberapa penelitian membuktikan efektivitas vaksin Covid-19 dalam mencegah Covid-19 gejala berat dan menurunkan risiko kematian terkait Covid-19.

Untuk itu, selain kalangan lansia, pemilik penyakit bawaan atau komorbid Covid-19 termasuk kelompok prioritas penerima vaksinasi Covid-19.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Penyakit Bawaan atau Komorbid Covid-19 yang Perlu Diwaspadai"

Editor : Rahma

Baca Lainnya