Kabar Baik Bagi Pasien Diabetes, Minuman Murah Meriah Ini Ampuh Kendalikan Kadar Gula Dalam Darah

Rabu, 22 November 2023 | 16:00
Tribunnews

Ilustrasi minum teh

GridStar.ID - Obat-obatan herbal sudah terkenal sejak lama di Indonesia.

Berbagai tanaman digunakan obat beragam penyakit.

Obat-obatan herbal tentu memiliki efek samping yang lebih sedikit dibanding obat kimia.

Termasuk ginseng dan daun-daunan yang banyak tumbuh di sekitar rumah.

Namun tak banyak yang tahu minuman yang bisa dijadikan obat herbal diabetes.

Terutama saatkadar gula darahtinggi.

Mau tahu?

Yuk simak daftar minuman yang ampuh turunkan kadar gula darah tinggi.

Simak juga cara buatnya.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Penderita Diabetes, 3 Siung Bawang Putih Ampuh Normalkan Gula Darah!

Penting bagipenyandang diabetesuntuk mengontrolkadar gula darah.Sebab jika kadar gula darah terlalu tinggi melebihi batas normal, mereka berisikomengalami komplikasi diabetes yang bisa berakibat fatal.Bahkan tak sedikit yang berujung dengan kematian karena komplikasi tersebut menyerang organ-organ penting tubuh mereka.Dikutip dariMayo Clinic(30/10/2020), adapun tiga komplikasi diabetes yang paling banyak terjadi dan sering membuat pasien meninggal dunia di antaranya penyakit jantung, stroke, penyakit liver, dan penyakit ginjal.Terkaitmengontrol kadar gula darah, perlu diketahui bahwa rupanya ada teh herbal yang baik untuk dikonsumsi penyandang diabetes.Seperti dilansir dariNDTV(6/10/2018), berikut 3 teh herbal yang bisa membantu penyandang diabetes dalam mengontrol kadar gula darah.

1. Teh ginseng

Dikenal karena manfaat meningkatkan kekebalan dan melawan penyakit, ramuan Cina ini memiliki banyak penelitian yang terbukti positif untuk diabetes.

Menurut para peneliti, ginseng cenderung memperlambat penyerapan karbohidrat; meningkatkan kemampuan sel untuk menggunakan glukosa; dan meningkatkan sekresi insulin dari pankreas.

Kita bisa menyiapkan teh ginseng di pagi hari untuk menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali.Sementara ginseng tersedia dalam bentuk tablet dan bubuk, yang terbaik adalah mengkonsumsinya dalam bentuk segar seperti teh ginseng.

Baca Juga: Belajar dari Aktor Cilik Matthew White, Diabetes Bisa Menyerang Anak-Anak, Berikut Minuman Kegemaran Sejuta Umat yang Aman Dikonsumsi Pasien Kencing Manis

2. Teh lidah buaya

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Pharmacy and Therapeutics, lidah buaya dapat membantu meningkatkan kadar HbA1c pada penyandang diabetes tipe-2.

Selain itu dapat mengurangi kadar glukosa plasma puasa pada penderita pradiabetik. Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati dan mengelola sebagian besar kondisi kesehatan.

Ini digunakan dalam bentuk mentahnya. Yang perlu dilakukan adalah membiarkan getahnya mengering dan kemudian merendamnya ke dalam air.

Minum teh lidah buaya inidapat membawa stabilitas kadar gula darah.

3. Tehdaun saga

Daun saga telah terbukti memiliki kemampuan untuk meningkatkan aktivitas insulin pada penderita diabetes.

Yang perlu dilakukan hanyalah menuangkan secangkir air mendidih di atas satu sendok makan daun sage dan curam hingga kekuatan yang diinginkan sebelum menyaring daunnya.

Rutin minum teh saga di pagi hari bisa lebih efektif. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum beralih ke salah satu dari pengobatantersebut.

Sebab mengonsumsi obat alami dan minuman herbal ini secara bersamaan dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan, yang selanjutnya menyebabkan komplikasi yang tidak diinginkan.

Selain minum teh herbal di atas, ada baiknyapenyandang diabetes memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat lagi.Seperti menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga.

(*)

Editor : optimization

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya