Nyesel Baru Tahu! Susul Sang Ayah di Usia Belia, Ameer Azzikra Rupanya Disiapkan Jadi Penerus Ustaz Arifin Ilham Pimpin Pesantren, Bukan Alvin Faiz?

Selasa, 30 November 2021 | 20:02
Instagram.com @ameer_azzikra

Ameer Azzikra dan Ustaz Arifin Ilham

GridStar.ID -Kabar duka datang dari keluarga Alvin Faiz.

Pasalnya sang adik, Ameer Azzikra yang juga putra kedua dari almarhum KH Arifin Ilham diketahui baru saja menghembuskan napas terakhirnya.

Ameer Azzikra dikabarakan meninggal dunia pada Senin (29/11).

Baca Juga: Bak Firasat Dirinya akan Pergi Meninggalkan Sang Istri, Mendiang Ameer Azzikra Siapkan Hal Ini untuk Nadzira Shafa

Ameer Azzikra sendiri diketahui dimakamkan di sebelah makam sang ayah Arifin Ilham.

M Abdul Syukur pun mengungkap kronologi penyakit yang diderita Ameer Azzikra.

"Dari sesak nafas kemudian ada pendarahan di lambung, livernya tukat dan ada gangguan pernafasan, kurang lebih 3 hari di rumah sakit," katanya.

Baca Juga: Detik-Detik Menghembuskan Napas Terakhir, Ameer Azzikra Disebut Manggil Nama Sang Ayah Alias Ustaz Arifin Ilham

Ditanya mengenai mimpi pria bernama asli Muhammad Ameer Azzikra yang belum tercapai, M Abdul Syukur tak berkomentar banyak.

Menurutnya ada satu yang memang selalu dijalankan pria berusia 20 tahun itu selama semasa hidup sebelum meninggal.

"Mungkin bisa ditanya ke beliau ya, ya artinya beliau tetap ingin melanjurkan perjuangan abi (Arifin Ilham), insyaAllah masjid Az Zikra ini akan kita selesaikan, pesantren akan terus kita jaga kita pelihara dan Azzikra sesuai dengan almarhum Indonesia Berdzikir insyahAllah dimana saja kapan saja, dan ini menjadi bagian dari jihad kita melalui metode zikir, tausiyah,"

Baca Juga: Ikut Memandikan Jenazah Putra Kedua Ustaz Arifin Ilham, Sosok Ulama Ini Terkejut dengan Keadaan Tubuh Ameer Azzikra Sebelum Dimakamkan: Masya Allah, Semoga Husnul Khotimah

"Ameer pun demikian, berdakwah kemana-kemana, beliau berjalan millenial ya yang beliau dekati ya diajak untuk ke Allah SWT, ya itu yang belum," katanya.

Selain itu,Ameer Azzikra rupanya sudah dipersiapkan menjadi pendakwah untuk menggantikan sang ayah kelak memimpin Azzikra.

“Dia diberi nama belakang Azzikra memang awal kelahirannya itu tepat di saat ada majelis Az Zikra,” ujarnya.

Baca Juga: Cukup Lama Bersahabat, Syakir Daulay Ungkap Jasad Ameer Azzikra Harum Saat Dirinya Terkahir Cium Kening Mendiang

Tujuan awal nama Azzikra yang artinya Alquran sengaja disematkan lantaran sang ayah berharap kelak Ameer Azzikra bisa menjadi pendakwah meneruskan jejaknya.

“Azzikra ini kan alquran dinamai itu agar cinta dengan alquran. Almarhum (Arifin Ilham) ingin generasi penerusnya mencintai dakwah dan beliau (Ameer) memang disiapkan menjadi dai. Harapannya kelak bisa memimpin Azzikra,” katanya.

Di sisi lain, para guru dan ulama yang membimbing Ameer Azzikra mengaku bahwa semasa hidup almarhum ustaz Arifin Ilham memang sering menitipkan Ameer Azzikra untuk dididik menjadi ulama dan pendakwah.

Baca Juga: Sebelum Meninggal Dunia Arie Untung Jadi Saksi Ameer Azzikra Cerita pada Gurunya Mimpi Bertemu dengan Rasulullah

“Beliau (Ustaz Arifin Ilham) berpesan agar anaknya (Ameer Azzikra) selalu dibimbing dalam dakwah,”

Namun sayang sering proses belajar, Ameer Azzikra justru berpulang lebih dulu.

“Sudah cukup beliau berlatih dan sering berdakwah semampunya. Selama belajar dia mau bertanya dengar nasehat, karena itu saya mewakili almarhum minta maaf jika ada kesalahan jika selama ini ia berdakwa karena memang dia melakukannya sesuai kemampuan,”

Ta cuma soal amanah dari Ustaz Arifin Ilham, KH Abdul mengatakan bahwa Ameer Azzikra sempat menunjukan gelagat berbeda sebelum meninggal.

Baca Juga: Baru Rasakan Manisnya Pernikahan 6 Bulan, Inilah Jeritan Hati Nadzira Shafa yang Ditinggal Ameer Azzikra untuk Selamanya

Hal itu diakui KH Abdul Syukur, ia mendapat cerita dari pihak keluarga bahwa Ameer sering meminta maaf dan menitipkan istrinya.

“Saya dengar dari pihak keluarga menyampaikan memang Ameer sempat sebut ingin berpulang duluan, dia sempat menitipkan sang istri pada ibundanya, titip Dzira katanya. Tapi kita menangkap itu sebagai isyarat baru belakangan setelah dia meninggal,” ujarnya.

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Ameer Azzikra sempat mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

Adik Alvin Faiz ini sempat divonis mengidap penyakit infeksi liver dan paru-paru. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Sripoku.com, YouTube

Baca Lainnya