Nyesel Baru Tahu, Apakah Penderita Maag Aman Vaksin Covid-19? Ini Penyakit Pencernaan yang Tak Bisa Imunisasi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:10
iStockphoto

Ilustrasi Vaksin Covid-19

GridStar.ID -Vaksinasi Covid-19 terus gencar dilaksanakan.

Suntikan vaksin Covid-19 telah diberikan pada jutaan masyarakat Indonesia.

Namun masih ada beberapa golongan yang belum bisa divaksin lantaran memiliki riwayat penyakit tertentu.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Penderita Maag Akut Tak Perlu Khawatir, Cuma Pakai Tanaman yang Mudah Ditemukan Ini Lambung Sembuh Seketika

Salah satu keraguan datang dari parapenderita asam lambung.

Ketakutan akan dampak vaksin seolah menghantui parapenderita asam lambungsehingga mengurungkan niat divaksin.

Sebenarnya aman tidak yapenderita asam lambungmendapat suntikan vaksin Covid-19?

Yuk simak penjelasan ahli berikut ini.

Penyuntikanvaksin Covid-19(virus corona) diketahui saat ini penting untuk dilakukan untuk menekan laju pandemi.Diketahui selain menjalankan protokol kesehatan, penyuntikanvaksin Covid-19saat ini menjadi yang paling efektif dalam mencegah penyebaran infeksi virus corona.Dalam artikel berjudul "Why vaccination is safe and important"yang dilkutip darinhs.uk (30/3/2021), disebutkan bahwa orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.Artinya jika kita disuntikvaksin Covid-19, maka sistem kekebalan kita akan mengenal dan terlatih dalam melawan Covid-19 sehingga infeksi virus tersebut bisa diminimalisir.Meski demikian, perlu diketahui bahwa tidak semua orang dapat menerima suntikanvaksin Covid-19ini.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Dulu Gembar Gembor Jadi Wanita Simpanan Penceramah Kondang, Kini Pedangdut Ini Dikabarkan Sakit Kanker Stadium Akhir, Terpaksa Harus Pakai Payudara BuatanMulai dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, memiliki tekanan darah tinggi 180/110, menderita alergi, menderita penyakit autoimun, saluran pencernaan kroni dan lain sebagainya.Melihat hal itu tentu memunculkan pertanyaan, salah satunya bagipenderita asam lambungtinggi (GERD), apakah mereka termasuk kelompok yang diperbolehkan vaksinasi atau tidak?

Melansir dariindonesiabaik.id, penyakit saluran pencernaan kronis yang tidak bisa menerima vaksinasi adalahceliac diseasedan penyakit radang usus.

Adapun penyakit radang usus terbagi menjadi dua, yaknikolitis ulseratifdanchron’s disease.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Dulu Nikah Siri Saat Masih Muda Belia hingga Rela Menjadi Mualaf, Kini Angel Lelga Ungkap Alasan Mau Dipinang Rhoma Irama: Saya Patut Menentukan Jalan Hidup

Namun, ternyata orang yang menderita penyakit asam lambung dibolehkan menerima vaksin Covid-19.Penderita penyakit asam lambung diperbolehkan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 selama orang tersebut tidak memiliki riwayat alergi terhadap vaksin Covid-19 atau komponen yang ada pada vaksin Covid-19.Reaksi alergi yang dimaksud diantaranya terdapat keluhan sesak napas, urtikaria atau muncul kemerahan pada kulit diseluruh badan, dan bengkak.Meski dibolehkan, penderita penyakit asam lambung dapat menunda vaksinasi Covid-19 jika mengalami beberapa keluhan.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Dulu Nikah Siri Saat Masih Muda Belia hingga Rela Menjadi Mualaf, Kini Angel Lelga Ungkap Alasan Mau Dipinang Rhoma Irama: Saya Patut Menentukan Jalan HidupMisalnya nyeri perut yang hebat dan gejala saluran cerna lainnya seperti mencret yang kronis (lebih dari 14 hari), adanya perubahan pola BAB, BAB berdarah, penurunan berat badan secara signifikan, dan adanya tanda infeksi akut seperti demam diatas 37,5 derajat Celsius.Kendati demikian, keputusan boleh atau tidaknya menerima vaksin Covid-19 akan diputuskan oleh dokter yang bertugas di bagian skrining vaksin Covid-19.Sebab, keputusan ini dibuat tidak hanya melihat riwayat penyakit sebelumnya, tetapi juga kondisi saat akan menerima vaksin Covid-19.

(*)

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di GridHealth.ID dengan Judul Penyuntikan Vaksin Covid-19 Untuk Penderita Asam Lambung, Begini Baiknya

Editor : Rahma

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya