Nyesel Baru Tahu, Jangan Panik Jika Sertifikat Prakerja Tidak Muncul di Dashboard dan Terjadi Kesalahan Data, Segera Lakukan Hal Ini

Sabtu, 25 September 2021 | 20:45
Tribunnews

Ilustrasi kartu prakerja

GridStar.ID - Penerima Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan akan mendapat sertifikat.

Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard akun peserta penerima Kartu Prakerja dan dapat dicek di situs www.prakerja.go.id.

Perlu diketahui, pelatihan Prakerja bersifat wajib diikuti bagi peserta yang dinyatakan lolos.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Dituding Telah Lakukan Penelantaran Anak, Putra Rohimah Langsung Nangis Peluk Kiwil Setelah Lama Tak Bertemu, Venti Figianti: Ada Batasan...

Peserta yang lolos diharuskan untuk mengikuti proses pelatihan sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Selanjutnya, penerima program Kartu Prakerja harus membeli pelatihan menggunakan saldo bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta di platform digital yang bekerja sama.

Sertifikat pelatihan nantinya akan digunakan sebagai satu di antara syarat untuk bisa mendapatkan insentif total Rp 2,4 juta.

Jika sertifikat pelatihan tidak ada, maka pencairan insentifnya akan terkendala.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Mendadak Dilarikan ke Rumah Sakit hingga Harus Dioperasi karena Pendarahan Otak, Terungkap Kebiasaan Makan Tukul Arwana Sehari-hari, Sederhana

Sertifikat Tak Muncul

Namun bagaimana jika sudah selesai mengikuti pelatih tapi sertifikat tidak juga muncul?

Melalui Instagram @prakerja.go.id dijelaskan, dibutuhkan beberapa waktu untuk menyinkronkan data antara Kartu Prakerja dan lembaga pelatihan.

Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard setelah menyelesaikan pelatihan paling lambat satu hari kerja sesudah Manajemen Pelaksana menerima laporan penyelesaian pelatihan dari Platform Digital.

Jika sertifikat belum muncul, peserta pelatihan dapat menghubungi contact center Platform Digital.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Miliki Tato Bertuliskan El Barack, Inilah Sosok Vincent Verhaag Calon Suami Jessica Iskandar, Pria Berdarah Belanda yang Miliki Pekerjaan Mentereng

Kesalahan Data

Jika nama di sertifikat tidak sesuai dengan nama peserta, maka bisa menghubungi Lembaga Pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut.

Sertifikat pelatihan diterbitkan langsung oleh Lembaga Pelatihan.

Jika ada kekeliruan dalam penulisan nama di sertifikat pelatihan, maka bisa menghubungi Lembaga Pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut.

"Pastikan Sobat menggunakan nama asli di profil akun Platform Digital dan Lembaga Pelatihan agar nama di sertifikat sesuai dengan nama asli," jelas @prakerja.go.id.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu, Kabar Gembira Bagi Bagi Pemilik Rekening Selain Himbara Segera Cek BSU Rp 1 Juta di Sini, Begini Caranya!

Link Sertifikat Tidak Bisa Dibuka

Jika sudah menerima link sertifikat namun tidak bisa dibuka, maka tidak perlu panik.

Pastikan dulu jaringan internet dalam kondisi baik dan stabil, baru kemudian bisa dicoba kembali.

"Jika link sertifikat di dashboard tidak bisa dibuka, pastikan dahulu jaringan internet dalam kondisi baik dan stabil, lalu Sobat bisa coba kembali untuk membuka link sertifikat," jelas Prakerja.

Bila masih menemui kendala, maka bisa mengisi Formulir Pengaduan dengan melampirkan screenshot dashboard pada bagian sertifikat.

Jika semua data sudah sama dan sertifikat Kartu Prakerja belum muncul, peserta dapat menghubungi CS Kartu Prakerja di nomor 08001503001 setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Solusi Jika Sertifikat Prakerja Tidak Muncul di Dashboard Atau Ada Kesalahan Data, Ini Cara Atasinya

Editor : Rahma

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya