Putra Sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka Mendapatkan Gelar Bangsawan dari Keraton Solo, Ini Alasannya

Selasa, 21 September 2021 | 16:01
Tribun Ternate

Gibran Rakabuming Raka

GridStar.ID - Putra Sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka kini menjabat sebagai walikota Solo.

Mengikuti program pemerintah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19, Gibran pun ikut turun ke lapangan untuk meninjau pelaksanaannya.

Namun siapa sangka, niat awal dirinya melakukan peninjauan, Gibran Rakabuming Raka malah mendapatkan gelar bangsawan dari Keraton Solo.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Rocker Ahmad Albar Diganjar Jokowi Penghargaan, Timang Bayi di Usia 73 Tahun dari Istri Barunya yang 37 Tahun Lebih Muda

Gibran mendadak diberi gelar bangsawan oleh pihak Keraton Solo, pada Senin (20/9/2021).

Gibran diberi mendapat gelar bangsawan seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Pagelaran Keraton Solo.

Gelar bangsawan yang diterima putra sulung Presiden Jokowi itu diberikan langsung oleh Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi.

Baca Juga: Buat Bangga Indonesia, Atlet Perempuan Ini Borong Tiga Medali Cabang Bulutangkis di Ajang Paralimpiade Tokyo 2020

Mengutip dari TribunJateng.com, Gibran mendapat gelar bangsawan "Kanjeng Pangeran Widuronagoro" dari Keraton Solo.

Mulanya, Gibran hendak meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuks masyarakat umu dan abdi dalem di Pagelaran Keraton Solo.

Saat melakukan pengecekan vaksinasi, Gibran disambut langsung Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakoe Boewono serta Gusti Dipo Kusumo.

Baca Juga: Sudah Ada 3 Surat Keputusan Menteri, Jokowi Persilahkan Belajar Tatap Muka: Untuk Semua Pelajar di Tanah Air yang Sudah Divaksin

Suami dari Ananda Selvi itu kemudian langsung memasuki area Kori Kamandungan menuju Ndalem Ageng Kraton bersama Kerabat Keraton Solo.

Melansir dari Kompas.com, Gibran menyatakan, pemberian gelar kepada dirinya tersebut sama sekali tidak direncanakan.

Bahkan, Gibran mengaku dirinya salah kostum.

Baca Juga: Presiden Jokowi Umumkan PPKM Kembali Diperpanjang Hingga 30 Agustus Mendatang, Beberapa Daerah Alami Penurunan Status Level

"Tadi tidak ada rencana untuk bertemu dengan Sinuhun," kata Gibran yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

"Tiba-tiba ada Gusti Ratu langsung diajak ya udah langsung diberikan itu (gelar) juga kaget, salah kostum juga, suatu kehormatan bagi saya," imbuhnya.

Adik Raja PB XIII Hangabehi, KGPH Dipokusumo menjelasakan, ada alasan dibalik pemberian gelar bangsawan tersebut kepada Gibran.

Baca Juga: Diam-Diam Dinikahi Pengusaha Tambang di Mekkah, Mantan Pacar Raffi Ahmad Ini Alih Profesi Sementara, Dicap Guru Galak hingga Tag Anies Baswedan dan Jokowi

KGHP Dipokusumo mengatakan, Gibran mendapat gelar "Kanjeng Pangeran Widuronagoro" karena ia dikenal sebagai sosok pemimpin muda yang bisa mengayomi masyarakat.

"Mas Gibran tentu bisa menjadi pengayom bagi mayarakat, gelar bangsawan ini merupakan apresiasi dari Keraton Solo," kata KGHP Dipokusumo.

Selain mendapat gelar bangsawan, Gibran juga menerima arahan dari Raja Keraton Solo untuk memperindah beberapa area di kawasan Keraton Solo. (*)

Artikel ini telah tayang di Grid.ID dengan judulNiat Hati Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi, Gibran Justru Mendadak Diberi Gelar Bangsawan oleh Keraton Solo

Editor : Hinggar

Sumber : Grid.ID

Baca Lainnya