Ustaz Umaier Khaz Ungkap Hadist Keutamaan Puasa 10 Hari Pertama, Kedua, dan Ketiga Dhaif: Kalau Gitu Ambil 10 Hari Terakhir, Pembebasan Neraka!

Selasa, 20 April 2021 | 05:00
dok.Tribunnews

Keutamaan puasa ramadan

GridStar.ID - Bulan Ramadan 2021 kini tengah dijalani oleh kaum muslim di seluruh dunia.

Di bulan ini, ibadah puasa selama 30 hari wajib dijalankan.

Namun, selain ibadah wajib, beberapa ibadah sunnah dan keutamaan di bulan Ramadan juga berpahal besar.

Baca Juga: Ustadz Zacky Mirza Mendadak Tak Sadarkan Diri di Atas Panggung saat Berikan Ceramah hingga Dilarikan ke Rumah Sakit: Mohon Doa untuk Guru Kita!

Namun ada hadist yang mengatakan jika di bulan Ramadan terdapat keutamaan 10 hari pertama, 10 hari kedua, serta 10 hari ketiga.

Pada 10 hari pertama Ramadan disebutkan jika umat muslim akan mendapatkan rahmat.

Kemudian di 10 kedua akan diberikan maghfirah atau tertutupnya dosa-dosa.

Baca Juga: Rumornya Bikin Ibadah Tidak Sah, Ustaz Abdul Somad Akhirnya Beri Penjelasan Hukum Memakai Lipstik Saat Berpuasa

Serta 10 hari ketiga akan diberikan pembebasan dari neraka.

Lantas benarkah ada keutamaan 10 hari pertama, 10 hari kedua, serta 10 hari ketiga di bulan Ramadan?

Berikut jawaban dari Ketua Umum Forum Komunikasi Aktivis Masjid, Ustaz Umaier Khaz Lc MH dalam Program Acara Oase di kanal YouTube Tribunnews.com, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga: Ustaz Zacky Mirza Heran Perubahan Sikap Nissa Sabyan dan Ayus yang Muncul Bersama Usai Isu Pelakor, Iis Dahlia Nyeplos: Emang Dia Setia? Di Tengah Jalan Selingkuh kan Lu Nggak Tahu!

Merupakan Hadist Dhaif

Ustaz Umaier mengatakan memang ada hadits yang menyebutkan keutamaan 10 hari pertama, 10 hari kedua, serta 10 hari ketiga di bulan Ramadan.

Namun hadist ini perlu ditinjau kembali, apakah hadist ini shahih atau dhaif.

"Ada hadist yang menyebutkan tentang keutamaan 10, 10, 10 itu. Dalam sebuah hadist disebutkan, bahwa yang 10 hari pertama awal ramadan itu adalah hari-hari dimana Allah memberikan rahmat, memberikan kasih sayangnya."

Baca Juga: Selalu Jadi Pertanyaan Jelang Ramadan, Benarkah Mencicipi Makanan Bikin Puasa Batal? Ustaz Abdul Somad Beberkan Jawaban Ini

"Lalu di pertengahan 10 hari kedua itu Allah memberikan maghfirah, memberikan ampunan. Dan 10 hari yang terakhir itu Allah memberikan pembebasan dari neraka. Tapi kita harus meninjau apakah hadist ini shahih atau tidak," kata Ustaz Umaier dikutip dari Program Acara Oase di kanal YouTube Tribunnews.com, Jumat (16/4/2021).

Lebih lanjut Ustaz Umaier menjelaskan, Syekh Al-Albani rahimahullah mengatakan dalam kitabnya daftar hadist-hadist dhaif.

Sebagaimana TribunStyle.com kutip dari Tribunnews.com, Benarkah Tentang Keutamaan 10 Hari Pertama, Kedua dan Ketiga di Bulan Ramadan? Simak Penjelasannya. Ternyata hadist tentang keutamaan 10 hari pertama, 10 hari kedua, serta 10 hari ketiga di bulan Ramadan adalah hadist yang lemah.

Baca Juga: Pilih Diam Seribu Bahasa Usai Dituding Jadi Dalang Hancurnya Rumah Tangga Ayus Sabyan dengan Ririe Fairus, Ustaz Zacky Mirza Desak Nissa Sabyan Beri Klarifikasi soal Perselingkuhannya, Ini Alasannya!

"Syekh Al-Albani rahimahullah mengatakan dalam kitabnya daftar hadist-hadist dhaif, beliau menyebutkan bahwa hadist ini adalah hadist yang lemah."

"Kalau pembagiannya seperti itu ya kita tinggal ambil saja pembebasan dari neraka, yaitu 10 hari terakhir. Karena pembebasan dari neraka kan berarti kita masuk surga," terangnya.

Para ulama pun mengatakan bahwa yang benar bukanlah 10 hari pertama diberi rahmat, 10 kedua diberi maghfirah, 10 ketiga diberi pembebasan dari neraka.

Baca Juga: Shinta Tanjung Luluh Diajak Rujuk Usai 2 Tahun Cerai dengan Ustaz Zacky Mirza, Sempat Diterpa Isu Poligami Padahal Masih Cinta: Alhamdulillah Bareng Lagi

Melainkan 30 hari di bulan Ramadan, atau setiap harinya Allah memberikan rahmat, maghfirah, dan pembebasan dari neraka.

"Jadi setiap harinya berisi rahmat, betapa Allah menurunkan rahmat kepada kita, karena setiap amalan kita berlipat ganda pahalanya. Dan diwaktu yang sama Allah juga menurunkan maghfirahnya."

"Setiap waktu sahur kan Allah turun ke langit dunia. Kita bangun dalam keadaan memakan makanan sahur, Allah turun ke langit dunia berkata 'di antara hambaku ini ada tidak yang sedang bertaubat, maka aku akan terima taubatnya. Ada tidak yang sedang beristigfar, aku akan ampuni dia. Ada tidak hambaku yang meminta pertolongan maka aku akan tolong dia.'"

"Jadi kalau ditanya apakah ada pembagian seperti itu, karena hadistnya dhaif maka kita perlu luruskan bahwa setiap hari ada rahmat, maghfirah, dan pembebasan dari neraka. Bukankan Rasulullah bersabda bahwa puasa ramadan itu benteng dari api neraka," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunStyle.com dengan judul Ada Keutamaan Berbeda di 10 Hari Pertama, Kedua dan Ketiga di Bulan Ramadhan? Ini Penjelasannya

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Tribunstyle

Baca Lainnya