Rumornya Bikin Ibadah Tidak Sah, Ustaz Abdul Somad Akhirnya Beri Penjelasan Hukum Memakai Lipstik Saat Berpuasa

Minggu, 18 April 2021 | 05:00
dok.TribunJateng

Ustaz Abdul Somad berceramah

GridStar.ID - Umat muslim kini tengah menjalankan kewajiban ibadah puasa di bulan Ramadan 2021.

Berpuasa bukan hanya menahan lapar dan haus tetapi juga hawa nafsu.

Untuk kaum hawa, bolehkah menggunakan lipstik selama bulan Ramadan?

Baca Juga: Buah Jatuh Tak Jauh dari Pohonnya, UAS Ucap Candaan saat Lihat Nilai Rapor Putra Semata Wayangnya 100, Sang Ibu Beri Pujian: Saling Membanggakan

Lipstik digunakan kaum hawa sebagai makeup untuk membuat penampilan menjadi lebih segar.

Dilansir dari Serambinews.com, Ustaz Abdul Somad menjelaskan hukum memakai lipstik di kala Ramadan.

Tanya jawab itu terjadi dalam sebuah majelis pengajian yang direkam, kemudian videonya diunggah ke akun YouTube.

Baca Juga: Hidupnya Nyaris di Ujung Tanduk Lantaran Nekat Bunuh Diri dengan Cairan Baygon, Hotman Paris Beberkan Sosok Penyelamatan Hidupnya pada UAS

Seorang peserta pengajian bertanya apakah hukum seorang perempuan memakai lipstik saat berpuasa? apakah puasanya batal?

Sebagaimana diketahui, selama ini di masyarakat banyak sekali beredar informasi ketika perempuan memakai lipstik, puasanya dianggap tidak sah.

"Pak Ustaz, apakah hukumnya kalau puasa perempuan pakai lipstik? Apakah ibadah puasanya sah?," demikian pertanyaan salah seorang jemaah kepada Ustaz Abdul Somad, dikutip Serambinews.com dari kanal YouTube Okta Nur Amalaia, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: Selama Ini Hidup Dikelilingi Perempuan Cantik, Hotman Paris Sampai Tanya pada Ustaz Abdul Somad Soal Pria Beristri Tapi Punya Wanita Simpanan, Begini Tanggapan UAS

Dalam jawabannya, pendakwah kondang ini menjawab jika penggunaan lipstik pada perempuan tidak dapat membatalkan ibadah puasa seseorang.

Lanjutnya, sesuatu yang digunakan di bagian luar tubuh tidak dapat membatalakan ibadah puasa, terutama di bagian bibir seperti penggunaan lipstik.

"Lipstik tak membatalkan puasa kecuali pakai lipstik sambil minum es teh, karena lipstik itu dliluar," ungkap UAS disambut tawa hangat oleh jamaah.

Baca Juga: Santer di Media Sosial 8 Mei 2020 Diramalkan Bakal Muncul Fenomena Dukhan, UAS Hanya Bisa Beri Pesan Sederhana Ini: Kita Cuma Bisa Bersiap-siap

Menurut pendakwah jebolan Universitas Al Azhar ini, di dalam mazhab Hambali, hal-hal yang berhubungan dengan di luar tubuh tidaklah batal.

"Dalam Mazhab Hambali, jangankan di luar, ujung lidah yang mencicip gula tidak batal. Tapi mencicip sekali jangan setengah mangkuk," lanjut Ustaz asal Riau.

Hanya saja, di akhir ceramahnya, pengkhotbah asal Asahan, Sumatera Utara ini mengingatkan kaum hawa untuk tidak terlalu berlebih-lebihan saat menggunakan riasan wajah terutama lipstik.

Baca Juga: Hotman Paris Curhat ke UAS Pernah Ingin Minum Cairan Baygon Namun Diselematkan Tukang Becak Gara-gara Hal Ini: Saya Mau Bunuh Diri

"Cuma masalah lipstik ini, jangan pakai make-up, lipstik merah, bedak muka putih tangan hitam," ujar ustadz kelahiran tahun 1977 ini.

Lanjutnya, seorang wanita sudah cantik tanpa menggunakan riasan wajah secara berlebihan.

Adapaun kecantikan itu berasal dari dalam diri seorang perempuan yang biasa disebut sebagai inner beauty.

Baca Juga: Pilih Jadi Mualaf dan Hijrah Tinggalkan Negeri Asalnya, Selebgram Korea Justru Dijodohkan dengan Ustad Abdul Somad, Warganet Doakan: Sah!

Inner beauty pada diri seorang perempuan akan terpancarkan jika ia memenuhi ibadah sunnah seperti solat tahajud.

"Janga pakai make-up, cantik itu di inner beauty dari tahajudmu. Kalau orang sudah terbiasa pakai make-up, ketika dia tidak pakai make-up, dia tidak percaya diri, dia tidak berani menhadapi orang nantinya," tutup Ustadz Abdul Somad di akhir ceramahnya. (*)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Bagaimana Hukum Memakai Lipstik Saat Puasa? Apakah Puasanya Batal? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : serambinews.com

Baca Lainnya