Selama Ini Dianggap Sepele, Ternyata Daun Katuk dan Sederet Makanan Ini Memperlancar Asi Ibu Menyusui, Apa Saja?

Minggu, 24 Januari 2021 | 06:30
Freepik.com

Selama Ini Dianggap Sepele, Ternyata Daun Katuk dan Sederet Makanan Ini Memperlancar Asi Ibu Menyusui

GridStar.ID - Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui mempengaruhi kelancaran Asi.Kurangnya nutri pada ibu menyusui dapat mengurangi jumlah Asi.Ibu menyusui harus pandai dalam memilih makanan.

Baca Juga: Baru Dikaruniai Anak Pertama, Citra Kirana dan Rezky Adhitya Sudah Terlibat Cekcok sampai Adu Mulut Gegara ASI: Berkali-kali Dibilangin Nggak Percaya!Menurut dokter Dimple Nagrani spesialis anak inilah makanan yang menghasilkan Asi yang berkualitas.Paling penting bagi ibu menyusui adalah konsumsi makanan yang sehat dan asupan vitamin.Hal itu dijelaskan dalam wawancara eksklusif Nakita.id dan Dokter Dimple Nagrani.

Baca Juga: ASI Istrinya Tak Henti Bercucuran Usai Kehilangan 2 Buah Hatinya, Gilang Dirga Mohon Doa Jalani Program Bayi Tabung

“Jadi, bukan berarti kita misalnya makan banyak protein, lalu ASI akan mengandung banyak protein juga,” ujar dr. Dimple dalam wawancara eksklusif bersama Nakita.id, Kamis (14/01).“Akan tetapi, pengecualian untuk kandungan lemak dan DHA. Dua zat ini akan berbanding lurus antara yang masuk ke tubuh dan yang dikeluarkan dalam bentuk ASI,” sambungnya.“Selain itu, bukan berarti ketika menyusui lantas harus makan lebih banyak dari biasanya, enggak juga. Yang penting adalah makan sehat supaya yang sedang menyusui bisa memastikan kesehatan tubuhnya tetap terjaga, jangan lupa juga asupan vitaminnya. Jadi, mengonsumsi multivitamin ASI itu juga penting,” jelas dr. Dimple.

Baca Juga: Tahu Obat yang Dikonsumsinya Bersifat Keras, Medina Zein Tak Berikan ASI Untuk Anaknya yang Berusia 3 BulanMenurut penjelasan sang dokter, daun katuk termasuk memperlancar ASI.“Ada banyak makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI atau sebagai ASI booster. Yang sering didengar adalah daun katuk, lalu ada juga daun torbangun. Daun ini adalah daun khas dari Medan. Itu juga bisa meningkatkan produksi ASI bahkan banyak penelitian yang sudah membuktikannya.Tak hanya itu, adapula daun torbangun, fenugreek, amond, hingga pare.

Baca Juga: Baru Dikaruniai Anak Pertama, Citra Kirana dan Rezky Adhitya Sudah Terlibat Cekcok sampai Adu Mulut Gegara ASI: Berkali-kali Dibilangin Nggak Percaya!Kemudian, ada juga kelabat atau fenugreek, almond bisa dalam bentuk susu, kacang hijau, pare. Ada juga para ibu yang ASI nya meningkat dengan minum air kelapa,” kata dr. Dimple saat dihubungi Nakita.id secara virtual, Kamis (14/01).Selain itu, air putih juga bagus untuk ibu menyusui.“Asupan air putih sangat penting untuk ibu yang menyusui. Ibu menyusui harus memastikan asupan air putih cukup,” lanjutnya.“Intinya, semua ASI booster ini bisa dikonsumsi untuk meningkatkan ASI selama Moms mengikuti prinsip supply dan demand. Kalau semua makanan sudah dikonsumsi tapi tidak mengosongkan payudara, semua akan percuma,” pungkas dr. Dimple dalam wawancara eksklusif bersama Nakita.id.(*)

Editor : Hinggar

Sumber : nakita.grid.id

Baca Lainnya