Lutfi Agizal Laporkan Kasus Penghinaan Lagu Kebangsan Indonesia Raya: Warga Negara yang Merasa Tersakiti, Apa Kita akan Berdiam Diri?

Senin, 28 Desember 2020 | 17:33
Kompas.com

Lutfi Agizal laporkan penghinaan lagu Kebangsaan Indonesia Raya

GridStar.ID - Baru-baru ini lagu Kebangsaan Indonesia Raya jadi trending topic Twitter.

Pasalnya, video yang mengklaim dirinya berasal dari Malaysia mengunggah parodi lirik lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan kata-kata tak pantas.

Hal ini membuat Lutfi Agizal yang sempat disorot karena konten edukasi kata 'anjay' meradang.

Baca Juga: Dituding Kepalang Benci Gegara Kata Anjay Jadi Polemik, Rizky Billar Blak-blakan Bakal Laukan Hal Ini pada Lutfi Agizal: Kalau Ketemu Pasti Saya Tegur, cuma...

YouTuber Lutfi Agizal melaporkan akun YouTube My Asean yang memparodikan lagu Indonesia Rayaciptaan Wage Rudolf Soepratman.

Lutfi melaporkan ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan pencemaran nama baik melalui Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Menggunakan hak lapor warga negara yang merasa tersakiti atas lagu Indonesia Rayayang diparodikan," ujar Lutfi Agizal dalam unggahan Instagram-nya, pada Senin (28/12/2020).

Baca Juga: Ngaku Sedang Dekat dengan Barbie Kumalasari, Lutfi Agizal Klaim Diberi Uang Tunai Rp100 Juta dari Istri Siri Galih Ginanjar, Nikita Mirzani Kaget: Lo Nggak Ada Harapan

Bagi Lutfi Agizal, parodi lagu Indonesia Rayayang dilakukan oleh kanal YouTube My Asean telah menghina Tanah Air.

"'Lagu Indonesia Rayadijadikan lelucon sama orang Malaysia dan liriknya diganti dengan kata-kata yang tidak sopan. Apakah kita akan berdiam diri?" tulis Lutfi Agizal lagi.

Lutfi Agizal berharap laporan tersebut dapat diterima kepolisian dan mengajak masyarakat untuk mengawal kasus dugaan pencemar nama baik tersebut.

Baca Juga: Niat Hati Donasikan Hasil Lelang Baju Kuningnya ke Yayasan Kanker, Lutfi Agizal Gigit Jari Ditawar Pakai Uang Palsu, Prihatin Aksinya Masih Dianggap Bercanda

"Semoga laporan saya diterima. Mari kita kawal bersama-sama #bagimunegrijiwaragakami," tulis Lutfi Agizal sebagai keterangan unggahan.

Diketahui, beredar di YouTube sebuah video parodi laguIndonesia Rayadengan liriknya diganti dengan kata yang dianggap tidak sopan.

Video itu tidak saja memuat lagu kebangsaan Indonesia yang telah diubah total liriknya, tetapi juga mengganti lambang negara burung Garuda dengan ayam jago berlambang Pancasila, dilatarbelakangi bendera Merah Putih.

Baca Juga: Dibayar 3 Juta Uang Monopoli, Lutfi Agizal Sakit Hati Niat Baiknya Lelang Kaos untuk Donasi Dipermainkan Netizen: Tolong Keseriusannya!

Video yang diunggah oleh akun dengan logo bendera Malaysia itu diketahui telah beredar sejak dua minggu lalu.

Namun, berdasarkan penelusuran Kompas.com, video yang dimaksud sudah tidak ditemukan di kanal YouTube My Asean pada Senin (28/12/2020).

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta melalui akun Facebook-nya mengatakan, “pihak berwenang Malaysia sedang menyelidiki masalah ini.”

Kemudian, menegaskan bakal mengambil langkah tegas berdasarkan hukum yang berlaku jika benar ada warga negara Malaysia yang terlibat. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lagu Indonesia Raya Diparodikan, Lutfi Agizal Laporkan ke Polisi"

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas

Baca Lainnya