Kasus Penghinaan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Terus Diusut, Jubir Kemlu Malaysia Buka Suara: Mengutuk Keras Provokasi Negatif!

Senin, 28 Desember 2020 | 16:30
Tribunnews.com

Lagu Indonesia Raya diparodikan Malaysia

GridStar.ID- Baru-baru ini lagu Kebangsaan Indonesia Raya diparodikan dan membuat heboh media sosial.

Video penghinaan lagu Kebangsaan Indonesia Raya ini diklaim diunggah dari Malaysia.

Berisi kata-kata kasar, video ini mendapat tentangan dari warganet.

Baca Juga: Terbongkar Kekecewaan Caca Handika Perkara Lagu Mapia: Ada yang Mengganjal di Hati, Sesalah Apapun Lesty Kejora, Saya Maafkan!

Sejak Senin (28/12/2020) pagi, tagar Indonesia Raya dan Malaysia menjadi trending topic Twitter.

Banyak dari mereka yang menuntut agar Malaysia menyampaikan permintaan maafnya kepada Indonesia seperti dilansir dari Sosok.id.

Diketahui pemerintah Indonesia telah melayangkan protesnya terkait video tersebut melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Baca Juga: Sudah Hengkang dari NOAH, Ariel Beberkan Cerita Tak Terduga dari Uki yang Kini Pilih Berhijrah Tak lagi Cari Rezeki dari Bermusik: Gue Suka Kangen

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah pada Minggu (27/12/2020), dikutip dariKompasTV.

"KBRI dan Kemlu sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah dan otoritas terkait di Malaysia atas kejadian ini," tutur Teuku Faizasyah.

Selanjutnya, ungkap Teuku, pemerintah setempat akan menindak akun berbendera Malaysia yang mengunggah video parodi lagu "Indonesia Raya" tersebut.

Baca Juga: Pacari Seorang Berondong, Tak Disangka Rossa Malah Pernah Dibuat Nangis Berhari-hari oleh Afgan Syahreza, Ivan Gunawan Bongkar Alasannya: Lu Takut Kan?

"Pemerintah Malaysia sudah mengambil tindakan atas apa yang Indonesia sampaikan," ujarnya.

Sementara itu, Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta pada hari yang sama telah menyampaikan pernyataan tertulis melalui akun media sosial Facebook.

Pihak Malaysia sedang melakukan penyelidikan atas permasalahan yang meresahkan warga Indonesia tersebut.

Baca Juga: Begini Reaksi Sule Saat Membaca Buku Harian yang Ditulis Mendiang Lina Jubaedah Semasa Hidupnya hingga Jadi Inspirasi Rizky Febian Membuat Lagu

Youtube Majalah Bobo
Youtube Majalah Bobo

Burung Garuda

“Kedutaan Besar Malaysia telah mengetahui adanya video yang menghina Indonesia, yang diklaim diunggah dari Malaysia,” tulis Kedubes Malaysia.

"Jika terbukti video tersebut diunggah oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diberikan sesuai dengan hukum yang berlaku," lanjut pernyataan, melansir viaKompasTV.

Otoritas Malaysia pun menyesalkan tindakan pengunggah video, karena berpotensi memicu permusuhan antar dua negara bertetangga.

Baca Juga: Siap Terima Risiko Diserang Penggemar Lesty Kejora, Caca Handika Blak-blakan dengan Sikap Sang Pedangdut: Saya Mengemukakan Kebenaran

Malaysia mengakhiri pernyataannya dengan, "...mengutuk keras berbagai provokasi negatif yang akan berdampak pada hubungan bilateral Malaysia dan Indonesia."

Adapun dikutip dariKompas.com, video parodi lagu "Indonesia Raya" tersebut bukan sekedar mengubah keseluruhan lirik menggunakan kalimat-kalimat bersifat insinuatif atau menyindir.

Tetapi juga mengubah lambang negara Indonesia, burung Garuda, menjadi ayam jago berlambang Pancasila dengan latar belakang bendera merah putih.

Video itu sendiri, telah beredar di jagat maya sekira sejak dua minggu lalu. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Sosok.id

Baca Lainnya