Dokter Awasi Faktor Usia dan Berat Badan Trump yang Baru Terpapar Covid-19, Khawatir Bisa Tingkatkan Risiko Komplikasi

Sabtu, 03 Oktober 2020 | 12:02
Kompas.com

Dokter Awasi Faktor Usia dan Berat Badan Trump yang Baru Terpapar Covid-19, Khawatir Bisa Tingkatkan Risiko Komplikasi

GridStar.ID - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan sang istri Melania baru saja mengungkapkan dirinya terpapar covid-19.

Pengumuman ini diungkap usai tangan kanannya, Hope Hicks juga dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya, Trump danHicks pada pekan ini memiliki banyak agenda bersama.

Baca Juga: Donald Trump dan sang Ibu Negara Dikabarkan Positif Covid-19, Inilah Sosok yang Diduga Tularkan Virus Corona pada Orang Nomor Satu di Amerika Serikat

Dokter telah memperingatkan bahwa Trump memiliki banyak faktor yang menempatkannya pada risiko komplikasi dari Covid-19, termasuk usia dan berat badan.

Seorang dokter perawatan intensif di rumah sakit St Vincent di Melbourne Dr Barry Dixon mengatakan, risiko Trump akan meningkat jika ia memiliki pneumonia.

"Dia memiliki risiko kematian yang jauh lebih tinggi jika dia memiliki pneumonia parah. Ada faktor risiko dan komorbid lain, seperti apakah Anda perokok berat, menderita diabetes, atau penyakit jantung," ujarnya, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (2/10/2020).

Baca Juga: 207 Ribu Warganya Meninggal karena Corona, Trump dan Melania Umumkan Positif Terinfeksi Covid-19: Kami akan Segera Mulai Karantina

"Faktor risiko utama Trump yang kami ketahui adalah usianya dan fakta bahwa dia kelebihan berat badan. Itu akan menjadi faktor risiko tinggi," lanjutnya.

Gejala ringan

Dixon mengatakan gejala ringan pada awalnya bukanlah indikator bahwa seseorang akan terhindar dari penyakit yang lebih parah.

Menurutnya, butuh waktu sekitar satu minggu untuk mengetahui apakah kondisi seseorang akan membaik atau menurun dengan cepat.

Baca Juga: Donald Trump Mendapatkan Surat Beracun yang Dikirim Ke Gedung Putih, Ini Bahaya dari Risin yang Disebut sebagai Racun Alami

"Jika Anda melihat seseorang yang baru saja terpapar dan dites positif, biasanya mereka terlihat sehat. Tetapi kami akan memberi tahu pasien tersebut untuk datang ke rumah sakit jika mereka merasa sesak napas," jelas dia.

"Karena dalam minggu kedua virus itu, orang dapat berubah dari terlihat sangat baik menjadi sangat busuk bahkan hanya dalam 24 hingga 48 jam. Kemerosotannya cepat dan itu yang kami lihat pada Boris Johnson," sambungnya.

Profesor Christine Jekins dari The George Institute for Global Health menjelaskan, sulit untuk menilai risiko Trump tanpa memiliki akses ke catatan medisnya. Akan tetapi, berdasarkan usia Trump, dia mengaku khawatir.

Baca Juga: Adik Kandung Presiden AS, Robert Trump Meninggal Dunia, Donald Trump: Dia Akan Sangat Dirindukan, Kami Akan Berjumpa Kembali

"Ketika Anda melihat Trump, dia terlihat kelebihan berat badan bagi saya dan dia berusia 74 tahun," kata Jekins.

"Saya tidak tahu apakah dia menderita hipertensi atau riwayat glukosa, tapi saya yakin dia adalah tipe orang yang tidak ingin ada yang tahu tentang kerentanan itu," lanjutnya.

Kondisi yang mendasari

Meski mengklaim tidak memiliki kondisi yang mendasarinya, catatan medis yang dirilis Gedung Putih pada Februari 2018 lalu menunjukkan bahwa Trump memiliki penyakit jantung yang umum.

Baca Juga: Ledakan Lebanon Renggut 78 Nyawa dan 4.000 Korban Luka Disebut Akibat Ledakan Pupuk dalam Gudang, Reaksi Trump: Seperti Serangan yang Mengerikan!

Dikutip dari Telegraph, Jumat (2/10/2020), Trump menjalani scan kalsium koroner sebagai bagian dari pemeriksaan fisik rutinnya dan memiliki skor 133.

Angka di atas 100 menunjukkan adanya plak dan pasien menderita penyakit jantung.

Pada saat itu, dokter mengetahui bahwa Trump mungkin mengalami serangan jantung dalam tiga sampai lima tahun, tetapi masaah itu dapat diatasi dengan obat penutun kolesterol.

Baca Juga: Ada-Ada Saja Akalnya, Donald Trump Kembali Cetus Ide Gila, Berniat Tunda Pemilu Agar Bisa Jadi Presiden Amerika Serikat Lebih Lama dengan Cara Ini!

Namun, tak diketahui apakah Trump benar-benar meminum obat itu.

Ada juga kekhawatiran bahwa presiden mungkin menderita kondisi neurologis setelah dalam beberapa kesempatan ia tampak goyah dan pidatonya terdengar tidak jelas.

Pada 13 Juni 2020, Trump menjelaskan di Twitter mengapa dia terlihat berjalan tersendat-sendat pada upacara pembukaan Akademi Militer AS sambil mengawasi kakinya sepanjang waktu.

Baca Juga: Orang Dekat Donald Trump Dikabarkan Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala, Putra Presiden AS Langsung Isolasi Diri dan Batalkan Semua Acara

Kendati dia mengklaim karena jaranan yang curam dan licin, tetapi spesialis mengatakan sepertinya dia mengalami masalah dengan keseimbangannya.

Tagar #TrumpIsNotWell pun terus menjadi tren di media sosial. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dokter Sebut Usia dan Berat Badan Trump Tingkatkan Risiko Komplikasi Covid-19

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya