ASN Nekat Terobos Ruang Isolasi, Demi Antar Barang Titipan untuk Pasien Covid-19, Hingga Videonya Viral dan Berakibat Dijemput Petugas Berpakaian APD

Minggu, 20 September 2020 | 09:15
KOMPAS.COM

Seorang ASN nekat menerobos ruang isolasi demi antarkan barang untuk temannya, videonya pun viral.

GridStar.ID – Ruang isolasi pasien Covid-19 harusnya tak bisa dimasuki sembarang orang.

Namun, seorang aparatur sipil negara (ASN) malah nekat menerobos ruang isolasi, demi antar barang titipan untuk temannya yang merupakan pasien Covid-19.

ASN tersebut bahkan merekam pertemuannya itu, hingga videonya sempat viral.

Baca Juga: Mencapai Rekor Tertinggi Hingga Lebih dari 4 Ribu Orang Positif Covid 19 dalam Sehari, Ini Daftar Sebarannya

Seperti dilansir dari Kompas.com, SA (35), ASN di Lampung Utara itu akhirnya mengaku khilaf saat menerobos ruang isolasi untuk membesuk rekannya, TR, yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Setelah sampai sana, laporan ke piket, saya lupa. Ketika itu saya khilaf mengenai itu lagi, karena itu tadi, untuk membuktikan barang itu sampai Pak TR. Ini minta dibuatkan video,” kata SA.

Seperti diketahui, dalam video berdurasi 35 detik itu, SA juga diduga menantang petugas medis untuk mencatat namanya.

Baca Juga: Sembuh dari Virus Corona, Mantan Pasien Covid-19 Bocorkan Rahasianya Hanya Satu Agar Cepat Pulih, Apa Itu?

“Bagi petugas Covid-19 se-Lampung Utara, ini jangan aneh-aneh, ya, catat nama saya, SA (dalam inisial),” kata SA pada video tersebut, Sabtu siang (19/9).

Video tersebut pun viral setelah diunggah akun Facebook Suttan Dewan Agung, pada Jumat (18/9).

Dalam video itu tampak SA memakai kemeja hitam, hanya mengenakan masker scuba dan bersalaman dengan TR.

Baca Juga: Siap-Siap, Anies Baswedan Bakal Isolasi Semua Pasien Positif Covid-19 Tanpa Gejala di RS, Ini Alasannya!

“Ini saya ketemu saudara TR yang lagi diisolasi, yang menurut Satgas Covid-19 Lampung Utara, beliau ini positif Covid-19,” kata SA.

Sementara itu, menanggapi aksi nekat SA tersebut, petugas Gugus Tugas Covid-19 di Lampung Utara segera menjemput ASN yang bekerja di Dinas Koperasi dan Perdagangan tersebut.

Menurut juru bicara Satgas Covid-19 Lampung Utara, Sanny Lumi, peristiwa itu terjadi di pusat karantina Islamic Center Kotabumi, Lampung Utara.

Baca Juga: 3 Pasien Covid-19 di Banyumas Meninggal Dunia Mendadak Padahal Kesehatannya Tak Menurun, Waspada Happy Hypoxia Gejala Corona Baru yang Bisa Menyebabkan Kehilangan Kesadaran

“Benar, yang bersangkutan sudah kami amankan untuk diisolasi. Warga itu juga ASN di Dinas Koperasi Lampung Utara,” kata Sanny Lumi saat dihubungi, Sabtu (19/9).

Setelah dijemput, SA lalu menjalani tes swab dan diisolasi.

“Diisolasi dahulu, itu yang pertama dilakukan. Nanti dia akan dites swab,” kata Sanny.

Baca Juga: Tangani Pasien Covid-19 Sejak Awal Pandemi, Perawat Ini Sempat Jalani Isolasi Mandiri Hingga Terkena PHK: Saya Terkena Efisiensi

Kepada petugas, SA mengaku diminta istri TR untuk memberikan barang. Istri TR, kata SA, datang ke rumah sambil menangis karena tak berani datang ke rumah sakit.

“Saya dimintai oleh istrinya Pak TR, sambil nangis-nangis. Keluarga besarnya enggak ada yang berani nganterin barang itu. Barang itu apa isinya, saya lupa. Boleh tanya nanti,” kata SA.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cerita Lengkap ASN Nekat Masuk Ruang Isolasi dan Salaman dengan Pasien Covid-19: Saya Khilaf.(*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya