Viral Video Detik-Detik Ledakan di Beirut, Diduga Dipicu Adanya 2.750 Ton Amonium Nitrat, Guncangannya Setara Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo

Rabu, 05 Agustus 2020 | 07:30
Kolase Kompas.com

Viral Video Detik-Detik Ledakan di Beirut, Diduga Dipicu Adanya 2.750 Ton Amonium Nitrat, Guncangannya Setara Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo

GridStar.ID - Baru-baru ini viral video detik-detik ledakan yang mengguncang wilayah Beirut, Lebanon.

Video ini viral sejak Selasa, (04/08) malam di media sosial.

Dilaporkan, hingga Rabu, (05/08) korban tewas mencapai 73 orang, sedangkan ribuan lainnya luka-luka seperti yang dilaporkan Menteri Kesehatan Hamad Hassan dikutip dari CNN.

Baca Juga: Setelah Bikin Geram Ridwan Kamil Gegara Undang Rhoma Irama Manggung, Hadi Pranoto yang Disebut Anji sebagai Profesor Mikrobiologi Klaim Temukan Obat Virus Corona yang Kini Dianggap Menyesatkan Masyarakat

Dikutip dari Reuters, Presiden Libanon Michel Aoun mengatakan keadaan darurat diumumkan di Beirut selama dua minggu dan berkabung selama tiga hari.

Sementara mengutip pernyataanya di twitter kepresidenan @LBpresidency, Aoun mengaku tidak akan puas sampai menemukan orang yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

"Karena tidak dapat diterima bahwa pengiriman 'amonium nitrat' diperkirakan 2.750 ton selama 6 tahun di sebuah gudang tanpa mengambil tindakan pencegahan, yang membahayakan keselamatan warga negara," ujar dia.

Baca Juga: Bahas Klaim Obat Covid-19 dengan Hadi Pranoto Hingga Tuai Kontroversi, Video Anji Dihapus Youtube

Amonium Nitrat

Amonium nitrat biasa digunakan secara luas dalam pupuk dan bahan peledak.

Dari situs web kesehatan dan keselamatan kerja pemerintah negara bagian Australia menjelaskan mengapa zat tersebut sangat eksplosif.

Baca Juga: Bak Tak Ada Kapoknya, Lagi-Lagi YouTuber Prank Berulah Beri Sampah Berkedok Daging Korban, Ngaku Demi Subscriber Ujung-ujungnya Tak Diduga!

"Amonium nitrat tidak terbakar. Namun, itu akan mendukung dan meningkatkan laju pembakaran di hadapan bahan yang mudah terbakar atau mudah terbakar bahkan tanpa adanya oksigen.

Ketika dipanaskan akan meleleh, terurai dan melepaskan gas beracun termasuk nitrogen oksida (NO x ) dan gas amonia (NH 3 ).

Ketika dipanaskan secara berlebihan (misalnya dalam kebakaran) dapat menyebabkan ledakan di ruang tertutup dan wadah atau bejana yang tertutup dapat pecah dengan hebat."

Baca Juga: Kondisi Mencekam di Dalam Pesawat yang Hampir Menabrak Jet Tempur Amerika, Penumpang Alami Cidera hingga Lansia Tergeletak di Lantai

Setara Gempa 3,3 Magnitudo

Di sisi lain, data yang dikumpulkan oleh Survei Geologi Amerika Serikat menunjukkan bahwa ledakan besar di Beirut begitu kuat.

Ledakan itu menciptakan gelombang seismik yang setara dengan gempa berkekuatan 3,3 magnitudo.

Baca Juga: Tak Tinggal Diam Video sang Istri Bersama Laki-Laki Lain Tersebar, Rizki D'Academy Langsung Buka Suara dan Ungkap Hal Ini: Mereka Bakal Tau!

Namun, setara dengan magnitude 3,3 tidak, "langsung sebanding dengan gempa dengan ukuran yang sama."

Itu karena ledakan jenis permukaan, seperti ledakan di Beirut, tidak menghasilkan magnitudo sebesar gempa bumi menurut Don Blakeman, ahli geofisika di Pusat Informasi Gempa Bumi Nasional.

Blakeman mengatakan sebagian besar energinya masuk ke udara dan bangunan.

"Tidak cukup energi yang ditransmisikan ke dalam batuan di tanah," katanya. Artinya, jika ledakan itu terjadi di bawah permukaan bumi, besarnya akan lebih tinggi.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada 2.750 ton Amonium Nitrat di Lokasi Ledakan Beirut, Lebanon

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya