Usai Kepergian Ashraf Sinclair, BCL Curhat 12 Tahun Terindah yang Bikin Baper, Ternyata Begini Prosesnya

Senin, 20 Juli 2020 | 07:42

Viral lagu 12 Tahun Terindah, yang berisi curhatan BCL selama bersama almarhum Ashraf Sinclair

GridStar.ID – Lima bulan sejak kepergian suaminya, Ashraf Sinclair, Bunga Citra Lestari (BCL) seperti hilang ditelan Bumi.

Selama itu pula BCL memilih berdiam diri di rumah dan mencoba memahami situasi.

Proses itu melahirkan lagu 12 Tahun Terindah yang bikin baper.

Baca Juga: 12 Tahun Terindah, BCL Unggah Single Baru dengan Lirik Ciptaan Sendiri Usai Kepergian Ashraf Sinclair, Keluarga Tak Mampu Bendung Air Mata Mendengar Lagunya

Video klip 12 Tahun Terindah yang dirilis BCL Minggu (19/7) di kanal YouTube It’s Me BCL sudah ditonton lebih dari 4,3 juta kali.

Lagu yang juga sempat trending topic di Twitter itu merupakan curahan hati BCL sejak ditinggal Ashraf.

BCL mengakui bahwa kehilangan Ashraf merupakan momen terberat dalam hidupnya.

Baca Juga: Akhirnya Bunga Citra Lestari Bisa Mewujudkan Keinginan Ashraf Sinclair Sebelum Meninggal, Ibu Mertua Ucap Syukur: Alhamdulilah Jadi Kenyataan

Lagu 12 Tahun Terindah yang berisi ungkapan BCL, ditulis dan direkam dari rumah.

Tak heran jika selama 5 bulan BCL berusaha berdamai dengan keadaan, hingga kemudian menemukan kenyamanan untuk menulis segala curhatnya.

Curhat BCL untuk almarhum suaminya itu ditulis dalam buku harian pemberian Ashraf, yang akhirnya dikembangkan menjadi sebuah lagu.

BCL kemudian mengajak Ifa Fachir dan Andi Rianto untuk menyempurnakan curhatnya itu.

Baca Juga: Bak Isyaratkan Kerinduan yang Mendalam, BCL Unggah Video Pertemuan Pertamanya dengan Mendiang Ashraf Sinclair, Ternyata Begini Momen Ketika Takdir Persatukan Keduanya

Lagu 12 Tahun Terindah itu diakui berisi ungkapan jujur BCL atas kesepian dan kebingungannya menghadapi hari tanpa Ashraf.

“Lagu ini menceritakan tentang kebingungan saya menghadapi hari-hari baru. Di saat hidup berubah dalam waktu yang begitu cepat, tanpa peringatan, dan mau tidak mau harus tetap dijalani,” curhat BCL.

Lewat 12 Tahun Terindah, BCL mencoba melihat lagi tahun-tahun yang dilewatinya bersama Ashraf.

Baca Juga: Meski Hatinya Hancur, Ia Harus Selesaikan Tanggung Jawabnya Usai Ashraf Sinclair Berpulang, BCL Berusaha Kuat: Gandeng Tangan Noah dan Lanjutan Sisa Hari Tanpamu

“Saya merasa bersyukur, karena Tuhan memberikan saya 12 tahun terindah bersama Ashraf. Melalui suka dan duka dalam cinta, yang membuat saya percaya kalau cinta itu ada,” ungkap BCL.

Bagi BCL, lagu 12 Tahun Terindah merupakan bagian dari proses healing­-nya menghadapi kepergian Ashraf.

Proses pembuatan lagu itu juga tergolong unik, karena dilakukan BCL di tengah situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Manggung Beberapa Hari Usai Kepergian sang Suami hingga Sempat Dicibir Netizen, BCL Berusaha Tegar: Aku Harus Menyelesaikan Tanggung Jawabku Meski dengan Nyawa yang Tak Penuh, Hati yang Hancur

Segala proses pembuatan lagu, mulai bikin demo, berdiskusi, hingga merekam lagu dilakukan BCL dari rumah, dengan bantuan tim secara virtual.

Menariknya, momen ini juga menandai pertama kalinya BCL menulis lirik lagu dan melakukan proses rekaman di perangkat studio kecil di lantai 3 rumahnya.

Tak cuma itu, 12 Tahun Terindah juga merupakan single perdana yang diproduksi label musik yang didirikan BCL, yaitu BASH Music Company.

Baca Juga: 3 Bulan Dampingi BCL Bangkit dari Keterpurukan, Ibunda Ashraf Sinclair Tulis Pesan yang Menyayat Hati Usai Putuskan Kembali ke Negeri Jiran

BCL juga mengajak adik kandung Ashraf, Adam Sinclair, untuk menyutradarai official music video dari lagu 12 Tahun Terindah.

Bagi BCL, momen kemunculan 12 Tahun Terindah akan menjadi awal langkahnya untuk memberanikan diri menyanyi lagi. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya