Pelihara Arwana Selama 4 Tahun, Pria Ini Pasrah Saat Tahu Ikan Seharga Rp2 Juta Itu Digoreng Ayah: Pernah Saya Operasi Matanya

Senin, 15 Juni 2020 | 15:15
KOMPAS.COM

Ikan arwana seharga Rp2 juta dan sudah dipelihara selama 4 tahun akhirnya digoreng tak sengaja.

GridStar.ID – Punya hewan peliharaan tentu jadi kesenangan setiap orang, tapi apa jadinya jika hewan itu pergi tak kembali.

Itu dialami seorang pria bernama Bayu, yang sudah pelihara ikan arwana selama 4 tahun lamanya.

Namun apesnya, ikan yang kalau dijual seharga Rp2 juta digoreng tanpa pemberitahuan.

Baca Juga: Tak Bisa Kunjungi Sanak Saudara Saat Lebaran Lantaran Pandemi Corona, Nicholas Saputra Pilih Habiskan Waktu di Rumah Saja Bersama Keluarga Inti dan Hewan Peliharaan

Seperti dilansir dari Kompas.com, Bayu yang asal Sukoharjo, Jawa Tengah, harus pasrah kehilangan ikan arwana kesayangannya karena digoreng ayahnya.

Sang ayah menggoreng ikan arwana tanpa sepengetahuannya. Cerita Bayu itu diunggah oleh akun Instagram @solokini pada Sabtu (13/6).

"Arwanaku yo digoreng bpk ku min. Tukune neng Jatinegara min kui umur wis 4thn punjul ngancani aq neng Cikarang ae 2thn tak gowo muleh malah ra kopen bpkku yow wis males yowis di goreng bpk ku," tulis pemilik ikan melalui akun @mas_bayu_oky.

Baca Juga: Mirip Gejala Sakit Corona, Kucing Ini Jadi Pasien Binatang Peliharaan Pertama yang Terjangkit Covid-19 Diduga Tertular dari sang Pemilik, Ahli Turun Tangan Beberkan Kasus Ini!

Dalam bahasa Indonesia, tulisan itu artinya yaitu arwanaku digoreng bapakku. Belinya di Jatinegara, sudah empat tahun menemaniku, di Cikarang dua tahun. Terus saya bawa pulang, tapi tidak terurus. Bapakku juga sudah malas, ya sudah, digoreng oleh bapakku.

Bayu itu membenarkan cerita tersebut. Ia mengaku membeli ikan jenis arwana golden tersebut di Jatinegara seharga Rp800.000 sekitar empat tahun lalu.

Namun, saat ini ikan tersebut akan terjual dengan harga sekitar Rp2 juta. "Itu dulu saya beli ikan arwana golden di Jatinegara harga Rp 800.000," ungkapnya, Sabtu (13/6).

Baca Juga: Baim Wong Hadiahi Sang Istri Hewan Peliharaan Macan, Paula Verhoeven: Ih Gede Banget Nggak Ada Lucu-lucunya

"Itu udah tergolong mahal, itu ikan saya kalau dijual kurang lebih Rp 2 juta-an," lanjutnya.

Ia kemudian membawa ikan arwana tersebut pulang ke Solo karena di Cikarang, akuarium miliknya sudah tidak muat menampung ikan tersebut.

"Di Cikarang ini sudah besar, dan akuarium saya enggak muat. Saya bawa deh pulang kampung ke Solo yang akuariumnya besar," katanya.

Baca Juga: Pelihara Anjing Pungut, Pria Ini Mendadak Terkejut Binatang yang Dirawatnya Ternyata Tak Lazim!

Saat di Solo, ikan tersebut tak mendapatkan perawatan yang sama. Ayah Bayu hanya memberikan cicak untuk makanan arwana.

Padahal, selama di Cikarang, arwana tersebut juga diberi makan jangkrik dan kelabang.

Bayu mengakui, selama di Solo ikannya tidak terurus dengan baik, bahkan mata ikan menjadi juling. Bayu pun sempat mengoperasi mata ikan kesayangannya.

Baca Juga: Bak Hilang Ditelan Bumi Usai Cerai dengan Sultan Kelantan di Usia yang Amat Belia, Manohara Odelia Pinot Kini Aktif dalam Penyelamatan Lingkungan dan Hewan Liar

Hingga ia mendapatkan kabar bahwa ayahnya menggoreng ikan arwana kesayangannya.

"Selama di sana (Solo) ikan malah enggak keurus, sampai warna mata ikan jadi juling. Jadi pernah saya operasi matanya, alhamdulillah sehat kembali. Terus kemarin dapat kabar ikannya digoreng sama bapak," terang Bayu.

Ia mengetahui kabar tersebut saat menerima kiriman foto dari adiknya yang tinggal bersama sang ayah.

Baca Juga: Nyaris Tak Pernah Pamerkan Kekayannya, Intip Rumah Probowo Subianto yang Klasik dan Penuh dengan Kearifan Lokal, sang Menteri Pertahanan Miliki Hewan Kesayangan yang Terdapat di Halaman Luasnya

Bayu akhirnya pasrah saat mengetahui ikan mahalnya digoreng ayahnya pada Minggu (7/6). "Kalau saya udah pasrahin, yang mengurus sudah bukan saya," ungkap dia.

Menurut dia, anggota keluarga yang makan ikan arwana goreng tersebut hanya ayahnya.

Bayu pun mengaku tak terburu-buru untuk mencari pengganti ikan arwana yang ia beli empat tahun silam itu.

Baca Juga: Selama Ini Pasar Hewan Wuhan Selalu Dikambinghitamkan, Kini Pemerintah China Terang-terangan Ungkap Kemunculan Virus Corona Berasal dari Sebuah Laboratorium, Benarkah Digunakan Jadi Senjata Biologis?

"Saya di Cikarang juga masih memelihara ikan. Beli ikan nanti kalau masa pandemi sudah enggak parah di Jakarta," ungkap Bayu.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul Cerita Bayu Saat Ikan Arwana Seharga Rp 2 Juta Digoreng Sang Ayah: Saya Pasrah.(*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya