Komnas Perempuan Tersinggung dengan Pernyataan Menko Polhukum yang Menyamakan Virus Corona dengan Seorang Istri: Memupuk Budaya Menyalahkan Perempuan...

Senin, 01 Juni 2020 | 17:32
KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO via KOMPAS.COM

Komnas Perempuan Tersinggung dengan Pernytaan Menko Polhukum yang Menyamakan Virus Corona dengan Seorang Istri: Memupuk Budaya Menyalahkan Perempuan...

GridStar.ID - Komnas Perempuan memprotes keras penyataan yang disampaikan oleh Menko Polhukam.Pernyataan Mahfud MD tentang virus corona menyinggung derajar seorang perempuan khususnya istri.Meski sebelum mengucapkan kalimat "Corona is like your wife (Corona seperti istrimu)" dari kiriman Meme salah satu menteri.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila di Tengah Pandemi Corona, Jokowi Sebut Wabah Covid-19 Alat Uji Kedisiplinan dan Kepatuhan Bangsa, Maksudnya?Menurut Komnas Perempuan hal itu tetap saja menganalogikan virus corana seperti seorang istri yang wajib ditaklukan.Komnas Perempuan mengungkap bahwa guyonan tersebut adalah sebuah ejekan terhadap kedudukan seorang istri.Hal itupun bisa memupuk budaya selalu menyalahkan perempuan dalam masalah apapun.Baca Juga: Kabar Baik Terbaru Usai Lebaran, Kalbe Farma Rencanakan Uji Klinis Vaksin Virus Corona Bernama GX-19 pada Manusia di Indonesia yang akan Digelar Bulan Juni 2020

Komisioner Komnas Perempuang, Dewi Kanti mengungkap bahwa wanita menjadi korban yang tak seharusnya terjadi seperti hal itu.Oleh ucapan Mahfud MD tersebut Dewi memprotes keras guyonan wanita harus ditaklukan layaknya virus corona."Guyonan tersebut menempatkan perempuan sebagai bahan ejekan dan mengukuhkan stereotipe negatif terhadap perempuan atau relasi yang timpang antara laki-laki dan perempuan serta memupuk budaya menyalahkan perempuan korban (blaming the victim)," kata Komisioner Komnas Perempuan Dewi Kanti dala keterangan tertulis, Minggu (31/5/2020).

Baca Juga: Vaksin Virus Corona Belum Ditemukan, Ini Obat yang Dinilai Paling Menjanjikan Mengobati Covid-19 Selama Pandemi?Dewi menambahkan, seharusnya dalam mengatasi covid-19 seperti saat ini pemerintah justru harus memastikan perempuan tetap aman dan terlindungi.Apa yang diungkap oleh Mahfud MD tersebut kontraproduktif dengan upaya pemerintah untuk membangun realsi yang setara antara suami dan istri di dalam sebuah perkawinan.Seperti data yang diungkap oleh Komnas Perempuan berdasarkan pantauan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di masa peemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini meningkat.Baca Juga: 30 Persen Warganya Lansia yang Berisiko Kena Covid-19, Jepang Malah Berhasil Cabut Status Darurat Nasional Wabah Corona Tanpa Lockdown, Rahasianya Cuma 3 Hal Ini yang Bikin Geleng-Geleng Kepala!

Kini di tengah pandemi pun Komnas Perempuan bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 termasuk organisasi masyarakat sedang berkerjasama mencegah dan menangani korban KDRT.Apa yang dilakukan oleh Komnas Perempuan dan beberapa pihak ini lantaran adanya keterbatasan layanan yang dapat diakses para korban di tengah pandemi.Oleh sebab itu, Komnas Perempuan menilai bahwa pernyataan dari Mahfud MD tersebut menunjukkan kurangnya empati terhadap korban KDRT.

Baca Juga: Bak Angin Segar di Tengah Wabah Corona, Ini 10 Provinsi di Indonesia yang Tak Ada Lagi Kasus Covid-19 Baru bak Pertanda Bakal Segera Berakhir"Komnas Perempuan memandang, sangat tidak bijaksana dan tidak tepat bila pejabat publik menyamakan Covid-19 dengan istri (perempuan). Relasi suami-istri bukan ruang dominasi dan supremasi sehingga istri (perempuan) harus ditaklukkan sebagaimana penaklukan terhadap Covid-19," papar Dewi."Analogi sedemikian secara tidak langsung juga menyejajarkan istri sebagai bukan manusia. Jika budaya misoginis ini terus dipelihara dalam lingkaran pejabat publik maka upaya menghilangkan kekerasan terhadap perempuan akan terus mengalami hambatan," lanjut dia.Diketahui sebelunya Mahfud menceritakan meme tentang virus corona yang ia peroleh dari salah satu menteri.

Baca Juga: Saat Dunia Bergejolak Karena Virus Corona, 12 Negara Ini Adem Ayem dan Masih Selamat dari Pandemi Covid-19, Di Mana Saja?

Meme tersebut menganalogikan virus corona selayaknya istri."Judulnya itu dalam bahasa Inggris. Corona is like your wife. Corona itu seperti istrimu, ketika kamu mau mengawini, kamu berpikir kamu bisa menaklukkan dia, tetapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukkan istrimu," kata Mahfud menceritakan isi meme tersebut dalam sambutannya di acara halalbihalal IKA UNS yang disiarkan di kanal YouTube Universitas Negeri Sebelas Maret, Selasa (26/05)."Sesudah itu. Than you learn to live with it (kamu belajar untuk hidup bersamanya). Ya sudah, sudah begitu," kata Mahfud.Mahfud menilai, analogi itu mirip dengan penanganan virus corona. (*)Artikel ini telah tayang di Sosok.id yang berjudul Menko Polhukam Samakan Virus Corona Sebagai Seorang Istri, Komnas Perempuan Buka Data KDRT Meningkat di Tengah PSBB: Memupuk Budaya Menyalahkan Perempuan...

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Sosok.id

Baca Lainnya