Jangan Bingung, Hal-hal Sederhana Ini Membuat Kita Lebih Bersiap Menghadapi New Normal, dan Lindungi Diri dari Penyebaran Virus Corona

Senin, 01 Juni 2020 | 15:15
KOMPAS.COM

New normal mulai diterapkan di berbagai negara, termasuk Indonesia, agar masyarakat siap menghadapi virus corona

GridStar.ID – Beberapa negara sudah mulai menyiapkan aturan new normal untuk warganya.

Aturan itu dibuat demi melindungi diri dari penyebaran virus corona. Dari aturan new normal yang ada, sebenarnya dimulai dari hal-hal yang sederhana.

Seperti dilansir Kompas.com, istilah new normal atau kenormalan baru memang menggema setelah sejumlah negara melonggarkan penguncian akibat virus corona.

Baca Juga: New Normal Tinggal Hitungan Hari, Mbah Mijan Malah Beri Peringatan Soal Bencana Dahsyat Jika Masyarakat Nekat Pergi ke Tempat Ini: Ini Bukan Menakut-nakuti...

New normal merujuk pada kondisi kehidupan usai pandemi virus corona dengan berbagai protokol kesehatan yang berlaku.

Kebijakan tersebut diambil untuk menghidupkan kembali roda perekonomian negara di tengah ancaman krisis global.

Di Indonesia, pemerintah berencana akan menerapkan new normal atau kenormalan baru di empat provinsi dan 25 kabupaten atau kota.

Baca Juga: Terjun Langsung Tinjau Mal Siapkan New Normal, Jokowi Ditertawakan Mantan Jubir SBY: Kalau Presiden Salah Siapa yang Mau Koreksi?

Kebijakan tersebut dapat diperluas jika efektif untuk tetap membuat warga tetap produktif dan aman dari virus corona.

Empat provinsi yang mulai mempersiapkan menuju era kenormalan baru adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

Lantas, bagaimana cara melindungi diri dari virus corona meski telah kembali beraktivitas di era kenormalan baru?

Baca Juga: Gembar-gembor Dibukanya Kembali Mal Pada 5 Juni Mendatang, Anies Baswedan Malah Singgung Akan Perpanjang PSBB Jakarta hingga Sebut New Normal Hanya Imajinasi

Dilansir dari laman resminya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan agar publik secara teratur membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air.

Sebab, langkah tersebut efektif dalam membunuh virus yang mungkin ada di tangan.

Menjaga jarak atau physical distancing setidaknya 1 meter juga harus tetap dilakukan.

Baca Juga: Angka Kasus Tak Kunjung Merosot, Menteri BUMN Sebut Mahalnya Biaya Perawatan Satu Pasien Corona, Erick Thohir Minta Masyarakat Lakukan Hal Ini saat New Normal: Saya Yakin Negara Kita Bisa!

"Ketika seseorang batuk, bersin, atau berbicara, mereka menyemprotkan tetesan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus," kata WHO.

"Jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup tetesan, termasuk virus Covid-19 jika orang tersebut menderita penyakit tersebut," sambungnya.

WHO juga mengingatkan agar menghindari tempat ramai karena akan meningkatkan potensi kontak dekat dengan seseorang yang mungkin telah terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Indonesia Akan Menjalani New Normal Setelah Berbulan-bulan Hadapi Pandemi Covid-19, Mbah Mijan Minta Hindari Tempat Ini: Saya Khawatir

Di tempat ramai juga akan membuat seseorang sulit menerapkan physical distancing.

Selain itu, tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut juga termasuk cara efektif dalam melindungi diri dari infeksi Covid-19.

Pasalnya, tangan menyentuh banyak permukaan dan berpotensi mengambil virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda.

Baca Juga: Jadi Kurang Greget! Naik Roller Coaster di Jepang Dilarang Teriak, Kasus Corona Menurun Tajam, Negeri Sakura Persiapkan Hiburan di Tengah New Normal

Semua langkah di atas akan semakin efektif jika seseorang selalu menggunakan masker ketika sedang keluar rumah.

Masker akan meminimalisir potensi terkena terkena tetesan kecil ketika melakukan kontak dengan orang lain. Dengan masker, seseorang juga akan terhindar dari aktivitas menyentuh hidung dan mulut.

Terakhir, jika merasakan demam, batuk, dan sulit bernapas, WHO menyarankan agar segera mencari bantuan medis dan mengikuti petunjuk dari otoritas kesehatan setempat.

Baca Juga: Diam-diam Jepang Sudah Mulai New Normal, Warga Rama-ramai Keluar Rumah: Aku Masih Agak Khawatir

"Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat," kata WHO.

"Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya," tambahnya.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul Bersiap New Normal, Ini Cara Melindungi Diri dari Penyebaran Virus Corona. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya