Kabar Baik Berakhirnya Wabah Covid-19, Ilmuwan China Klaim Vaksin Virus Corona Miliknya Bisa 99 Persen Berkerja Efektif Usai Uji Coba Tahap 2, Tapi Tak Bisa Dipakai Semua Orang! Apa Alasannya?

Senin, 01 Juni 2020 | 08:00
via Sosok.ID

(Ilustrasi) Kabar Baik Berakhirnya Wabah Covid-19, Ilmuwan China Klaim Vaksin Virus Corona Miliknya Bisa 99 Persen Berkerja Efektif Usai Uji Coba Tahap 2, Tapi Tak Bisa Dipakai Semua Orang! Apa Alasannya?

GridStar.ID - Di tengah pandemi corona, kabar tentang kehadiran vaksin virus covid-19 menjadi pusat perhatian.

Hingga kini, sejumlah ilmuwan disebut-sebut telah memasuki tahap uji coba dan uji klinis dalam pembuatan vaksin covid-19.

Di Tanah Air, kasus covid-19 terus bertambah hingga mencapat 26 ribu lebih kasus pada Senin, (01/06).

Baca Juga: Terjun Langsung Tinjau Mal Siapkan New Normal, Jokowi Ditertawakan Mantan Jubir SBY: Kalau Presiden Salah Siapa yang Mau Koreksi?

Bak harapan di tengah pandemi, ilmuwan di China mengungkapkan mereka telah meyakini 99 persen vaksin yang mereka buat bisa bekerja efektif pada UK Sky, Kamis, (28/05).

Perusahaan bioteknologi Sinovac yang berbasis di Beijing ini sudah dalam tahap uji coba kedua terhadap 1000 orang peserta uji klinis.

Bahkan, dikabarkan perusahaan ini sudah dalam tahap negosiasi agar bisa melakukan uji coba yang ketiga di Inggris.

Baca Juga: Kabar Duka dari Maia Estianty, Salah Satu Keluarganya Meninggal Dunia Karena Corona, Istri Irwan Mussry Beri Peringatan Tegas: Masih Anggap Remeh Covid-19?

"Ini vaksin covid-19 yang kami kembangkan dan kami namai prefilled syringe.

Cara pakainya sangat mudah," ujar Helen Yang selaku Direktur senior dari Sinovac.

"Jadi, ini adalah teknologi yang sangat maju," imbuhnya.

Baca Juga: Tak Bisa Kunjungi Makam Ashraf Sinclair Selama Pandemi Covid-19, Mertua BCL Hadiahkan Benda dari Makam Anaknya Untuk Menantu: Semoga Bisa Selalu Mengingatkan Kita Padamu

Sinovac diketahui membangun pabrik komersial di daerah lain agar mampu memproduksi 100 juta dosis vaksin usai uji coba ini berhasil diakui.

Vaksin ini tidak direkomendasikan untuk digunakan semua orang, melainkan hanya difokuskan pada petugas medis, orangtua, serta orang dengan risiko tinggi terinfeksi covid-19 lainnya.

"Kami merekomendasikan, tidak semua orang mendapatkan vaksin ini.

Baca Juga: 10 Provinsi di Indonesia Ini Memiliki Infeksi Virus Corona Tertinggi, Bagaimana dengan Tingkat Kesembuhannya? Pasien Sembuh di Daerah Ini Hampir 50 Persen

Target kami pertama adalah kelompok berisiko tinggi, misalnya petugas kesehatan atau orang lanjut usia," imbuhnya.

Namun, hasil ujicoba yang disebut akan menjanjikan ini masih membutuhkan waktu yang cukup lama.

Butuh waktu berbulan-bulan untuk memutuskan kelayakan hasil akhir vaksin virus corona tersebut usai uji tahap dua dan uji tahap tiga. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : SKY

Baca Lainnya