Dulu Jadi Pejabat dengan Segudang Prestasi, Mantan Menteri Ini Pilih Jadi Petani Sayur Mayur di Tengah Gemerlap Kota Jakarta: Senang Juga...

Sabtu, 16 Mei 2020 | 14:30
Kompas

Sudah Tak Lagi Jadi Pejabat, Mantan Menteri Ini Pilih Jadi Petani Sayur Mayur di Tengah Gemerlap Kota Jakarta: Senang Juga...

GridStar.ID - Namanya pernah jadi sorotan publik saat masih memegang jabatan Direktur Utama di PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Prestasinya saat memegang jabatan tersebut membuat Presiden Jokowi melirik kinerjanya.

Dirinya langsung diminta untuk masuk Kabinet Kerja di bawah Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Banting Setir Jualan Mie Ayam Usai Tak Pernah Lagi Wara-wiri Muncul di TV, Artis Tampan yang Sempat Dikabarkan Dekat dengan Nikita Mirzani Ini Sepi Job?

Ia pun menjabat menjadi Menteri Perhubungan, lalu dipindah menjadi Menteri ESDM bersama Archandra.

Salah satu prestasinya saat menjabat jadi Menteri ESDM adalah kembalinya saham Freeport ke tangan negara.

Sebuah gebrakan yang membuat namanya pun semakin tersohor bersama Archandra kala itu.

Baca Juga: Demi Bisa Makan Pilot Ini Tak Pedulikan Jabatan, Terpaksa Banting Setir Jadi Kurir Makanan Usia Dirumahkan Lantaran Terdampak Virus Corona

Namun di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi ini, Ia adalah salah satu nama yang tak lagi dipanggil ke Istana.

Ignasius Jonan, adalah salah satu menteri yang jadi sorotan selain Susi Pudjiastuti saat berada di Kabinet Kerja.

Selepas tak menjabat sebagai pejabat ataupun menteri, kini Ignatius hanya berada di rumah.

Kompas

Ignatius Jonan saat menjabat Menteri ESDM

Baca Juga: Dulu Laris Manis Bintangi Sinetron, Artis Cantik yang Betah Menjada Ini Banting Setir Jadi Pekerja Malam, Kini Tinggal di Hunian dengan Dapur Sederhana!

Kediamannya yang berada di tengah ibu kota membuatnya tak miliki lahan yang cukup.

Tapi hal itu bisa disulap oleh mantan Kepala PT KAI tersebut sebagai lahan untuk bercocok tanam.

Tak lagi disibukkan dengan urusan negara seperti ativitasnya dulu baik sebagai pejabat perhubungan maupun menteri, kini Ignatius Jonan beralih profesi.

Ia memilih untuk menjadi petani, meski tak memiliki lahan yang luas apalagi dirinya tingga di kota Jakarta yang telah penuh dengan rumah-rumah.

Baca Juga: Dulu Jadi Aktris Termahal dengan Bayaran 1 Mercy Sekali Film, Nasib Lawan Main Rhoma Irama Ini Berubah Drastis: Banting Setir Jualan Martabak Agar Dapur Tetap Ngebul

Keadaan itupun tak membuatnya menyerah, Jonan, sapaannya lebih memilih menggunakan metode hidroponik untuk menanam sayur-sayuran.

Waktu luangnya kini ia manfaatkan untuk bercocok tanam di rumah, apalagi saat himbauan work from home (WFH) seperti saat ini.

Jonan sudah selama sebulan ini bercocok tanam di rumahnya , hanya bermodal pipa paralon yang ia lubangi sendiri sebagai tempat menanam sayur.

Hasilnya pun tak mengecewakan, Jonan sudah tidak khawatir lagi akan kekuarangan pasokan makanan harian.

@ignasius.jonan

Unggahan Ignatius

Baca Juga: Dijuluki Bom Seks yang Gemar Umbar Lekuk Tubuh Seksinya di Layar Kaca hingga Nekat Ambil Peran Telanjang Dada, Artis Senior Ini Kini Pilih Banting Setir dengan Cara Ini Untuk Sambung Hidup!

"Senang juga work from home yang sudah berlangsung lebih dari sebulan ini sambil menunggu mengurus sayuran hidroponik di rumah," tulis Jonan seperti dikutip dari akun Instagram miliknya, Jumat (17/04).

Memang metode hidriponik adalah salah satu metode bercocok tanam yang cocok dikembangkan di wilayah perkotaan seperti tempat tinggalnya saat ini.

Apalagi hasil panen dari sayur-sayurnya itupun dijamin segar dan sehat lantaran ditanam secara organik tanpa pupuk kimia atau pestisida.

Baca Juga: Pecah Tangis Sarwendah Saat Tahu Kelakuan Ruben Onsu yang Banting Setir Jualan Online demi Bisa Gaji Pegawai, Terungkap Fakta Memilukan di Baliknya!

Kini pun dirinya tengah menikmati masa-masa di rumah dan hasil panen sayurnya pun bisa ia petik rutin.

Sayur yang ia tenam kini bisa dipanen setiap minggunya dengan varian sayuran yang berbeda-beda.

"Ah tidak terasa sudah hampir sebulan sejak panenan hidroponik yang lalu, minggu depan saya akan mulai panen kangkung dan dua minggu lagi akan panen sawi dan bayam," kata Jonan.

@ignasius.jonan

Jonan panen bayam

Baca Juga: Diselingkuhi dengan 10 Wanita oleh Penjaga Gawang Timnas, Artis Cantik Mantan Kekasih Hengky Kurniawan Ini Banting Tulang Cari Sesuap Nasi Jadi DJ Klub Malam, Akui Sempat Diajak Main Gila sang Bos!

Paska tak lagi jadi pejabat publik, Jonan sekarang memang hanya fokus pada bisnis pribadinya.

Namun lantaran pandemi virus corona yang melanda tanah air kini dirinya hanya bisa berada di rumah.

Ia pun menyarankan pada masyarakat untuk lebih baik tinggal di rumah sejenak bila tak miliki keperluan mendesak bila harus keluar rumah.

Baca Juga: Sepi Pekerjaan di Dunia Hiburan, Aktor Tampan Ini Banting Setir Jual Nasi Goreng Dipinggir Jalan, Sang Istri yang Juga Seorang Pesohor Ternama Ini Tak Malu Ikut Promosikan Dagangan Suaminya Lewat Sosmednya!

Hal itu ia lakukan demi untuk mencegah penyebaran virus lebih meluas dan bisa membantu covid-19 cepat reda.

"Tinggal di rumah semaksimal mungkin dan menjaga kebersihan dan tidak berinteraksi dengan berjabat tangan dan melakukan kegiatan lain yang tidak diperlukan. Ini pandemik atau wabah yang sangat cepat menular dan beresiko pada yang berusia lanjut," kata Jonan.

(*)

Artikel ini telah tayang di Sosok.ID dengan judul Tak Lagi Jadi Pejabat, Mantan Menteri Ini Pilih Jadi Petani di Tengah Kota Jakarta: Minggu Depan Saya Akan Panen Kangkung dan 2 Minggu Lagi Panen Sawi dan Bayam

Editor : Hinggar

Sumber : Sosok.id

Baca Lainnya