Aromanya Khas Menyengat, Rajin Konsumsi Mengkudu Ternyata Bisa Cegah Stroke Dini Sebelum Terlambat

Rabu, 13 Mei 2020 | 04:00
Sriwijaya Post

Aromanya Khas Menyengat, Rajin Konsumsi Mengkudu Ternyata Bisa Cegah Stroke Dini Sebelum Terlambat

GridStar.ID - Buah mengkudu sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Buah yang berbentuk lonjong dengan warna hijau pucat ini memiliki aroma yang khas.

Meski demikian, ada banyak manfaat dari buah yang satu ini.

Baca Juga: Jadi Minuman Berbuka dan Sahur Favorit Sejuta Umat, Dokter Ahli Jelaskan Bahaya Terselubungnya Bagi Kesehatan Tubuh!

Menurut penelitian yang terbit dalam Journal of Medicine Food, mengonsumsi mengkudu dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan peradangan usus besar.

Dalam sebuah penelitian dari Universitas Kedokteran Chung Shan di Taichung, Taiwan, para peneliti mengamati efek ekstrak mengkudu fermentasi.

Tak lain berkaitan dengan mikroflora usus besar dan peradangan pada sel epitel usus besar.

Baca Juga: Jauhi Serangan Jantung, Hindari Sahur dan Buka Pakai Menu Ini!

Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan ekstrak etanol dan etil asetat buah mengkudu yang difermentasi.Mereka menguji aktivitas anti-inflamasinya pada sel Caco-2.

Menurut hasil, ekstrak etanol buah mengkudu yang difermentasi mendorong pertumbuhan spesies Lactobacillus dan Bifidobacterium (bakteri baik usus).

Sementara itu, ekstrak etil asetat buah noni yang difermentasi mengurangi spesies oksigen reaktif intraseluler dan secara signifikan menghambat siklooksigenase-2 (COX-2), interleukin-8 (IL-8), dan produksi prostaglandin E2 dan neutrofil chemotaxis.

Baca Juga: Jangan Dijadikan Hidangan Buka dan Sahur, Hati-Hati Campur Nasi Goreng dengan 3 Bahan Pelengkap Ini, Salah Satunya Sebabkan Racun Mematikan!

Buah mengkudu yang difermentasi terbukti mengandung quercetin, yang bertanggung jawab atas efek anti-inflamasinya.

Hasil penelitian ini menunjukkan mengkudu yang difermentasi membantu meningkatkan pertumbuhan probiotik dan mengurangi oksidasi intraseluler dan peradangan sel Caco-2.

Dengan demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa fermentasi mengkudu dapat melindungi terhadap penyakit radang usus besar.

Baca Juga: Tarifnya Sekali Manggung Rp300 Juta hingga Bangun Istana di Kampung Halaman, Lesti Kejora Tak Disangka Huni Kos-kosan Petak: Banyak yang Nggak Tahu Aku Kost Berdua sama Bapak

1. Mencegah stroke

Konsumsi jus buah mengkudu dapat melindungi kita dari kerusakan yang disebabkan oleh stroke.

Buah ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi kita terhadap kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan sementara aliran darah otak.

Baca Juga: Biasakan Minum Air Putih Hangat Saat Sahur, Ini 5 Manfaatnya yang Luar Biasa pada Tubuh: Bisa Keluarkan Racun!

2. Membantu mengurangi tingkat kolestrol

Kadar kolestrol tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Saudi dan Pakistan menunjukkan bahwa ekstrak air dan etanol buah, daun, dan akar mengkudu secara signifikan mengurangi kadar kolestrol dan trigliserida pada hewan.

Baca Juga: Pengantin Baru, Marcell Darwin Ungkap Pengalaman Pertamanya Jalani Puasa Ramadan Usai Jadi Mualaf, Sahur dengan Mata Terpejam Nggak Kuat Mengantuk!

3. Membantu melawan bakteri

Penelitian telah dilakukan untuk menentukan seberapa efektif ekstrak buah mengkudu terhadap tiga bakteri umum yang bertanggung jawab atas berbagai penyakit.

Tim peneliti dari India menyiapkan ekstrak dari bubuk buah mengkudu kering menggunakan berbagai agen.

Mereka menemukan bahwa semua ekstrak menunjukkan aktivitas antibakteri moderat terhadap E. coli, Staphylococcus aureus, dan Proteus vulgaris.

Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Konsumsi Nasi Dingin untuk Sahur, Waspada Bisa Jadi Racun! Coba Ikuti Tips Mudah Ini Supaya Nasi Tetap Hangat dan Tak Cepat Basi

4. Memiliki sifat analgesik

Secara tradisional, buah mengkudu telah digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi peradangan seperti radang sendi.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, tim peneliti dari Jerman melihat efek buah mengkudu dalam mengurangi sensitivitas nyeri.

Menurut hasil, jus mengkudu menyebabkan pengurangan sensitivitas nyeri yang mirip dengan tramadol, resep analgesik yang digunakan untuk meredakan nyeri sedang hingga berat. (*)

Artikel ini telah tayang di Sajian Sedap dengan judul Tak Pernah Ada yang Menyangka, Ternyata Mengkudu Bisa Mencegah Stroke Sejak Dini, Ini Faktanya

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Sajian Sedap

Baca Lainnya