Penemuan Terbaru Covid-19! Peneliti Temukan Cara Cepat Diagnosa Virus Corona Tanpa Keluar Rumah, Cuma Pakai Rekaman Suara dan Dikirim Lewat Telepon, Ini Caranya!

Senin, 13 April 2020 | 10:00
Kompas.com

Penemuan Terbaru Covid-19! Peneliti Temukan Cara Cepat Diagnosa Virus Corona Tanpa Keluar Rumah, Cuma Pakai Rekaman Suara dan Dikirim Lewat Telepon, Terbukti Akurat?

GridStar.ID- Virus corona atau covid-19 saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat di berbagai belahan dunia.

Virus yang disebut-sebut berasal dari pasar hewan liar di Kota Wuhan China ini, tercatat telah menginfeksi jutaan orang, dan puluhan ribu di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Para ilmuwan dan para ahli berlomba-lomba untuk menemukan cara yang cepat dan efisien untuk mengatasi ledakan wabah ini.

Baca Juga: Banyak Warga yang Terancam PHK dan Tak Bisa Bekerja di Tengah Virus Corona, Presiden Jokowi Selamatkan Nasib Karyawan dengan Kartu Prakerja hingga Kepastian THR

Melansir dari Tribun Medan,para peneliti dari Carnegie Mellon University sedang mengembangkan sistem analisis suara dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendiagnosis Covid-19.

Jika penelitian ini berhasil, maka tes dapat dilakukan di rumah secara instan.

Cukup mengirim beberapa sampel suara terbatuk lewat telepon, deteksi penyakit Covid-19 diyakini bisa ditemukan lewat teknologi analisnya.

Baca Juga: Perlu Diwaspadai! 5 Gejala Ringan yang Tak Disadari Ini Bisa Jadi Tanda Terinfeksi Virus Corona, Salah Satunya Sering ke Toilet

Ya, meskipun enggak seakurat tes darah dan swab, tapi ini dapat membantu sumber daya medis yang terbatas dan meminimalisir biaya, serta memangkas waktu pemeriksaan.

Benjamin Striner, salah satu dari tim peneliti yang mengerjakan proyek ini, mengatakan bahwa banyak kompetisi diagnosis Covid-19, tapi tidak ada yang semurah diagnosis melalui suara ini.

"Ada beberapa (alat tes.red) yang cukup bagus yang sangat murah dan akurat. Meski begitu nggak ada yang semurah dan semudah ketika kita cuma ngomong melalui telepon," ucap Striner dilansir dari Natgeo Indonesia pada (12/04).

Baca Juga: Habiskan Lebih Banyak Waktu dengan Jan Ethes di Rumah karena Wabah Virus Corona, Ini Cara Gibran Rakabuming Bujuk sang Putra untuk Tetap Berada di Rumah

Kompas.com

Penemuan Terbaru Covid-19! Peneliti Temukan Cara Cepat Diagnosa Virus Corona Tanpa Keluar Rumah, Cuma Pakai Rekaman Suara dan Dikirim Lewat Telepon, Terbukti Akurat?

Kenapa Lewat Suara?

Covid-19 diketahui menyerang pernafasan.

Oleh sebab itu, ia memengaruhi pola pernafasan dan parameter vital lainya.

Sistem AI ini mencoba menganalisis suara seseorang.

Baca Juga: Luna Maya Uring-uringan Pemasukannya Nol Rupiah Selama Wabah Virus Corona, Mantan Kekasih Ariel Bingung Tabungannya Cukup Sampai Kapan, Terkuras untuk Makan Sehari-hari dan Gaji Karyawan

Kemudian memberikan skor kemungkinan apakah individu memiliki virus corona, berdasarkan gejala yang diamati.

Saat ini, para peneliti meminta orang sehat dan terinfeksi untuk berbagi rekaman suara mereka untuk membantu meningkatkan algoritma.

Proses tes ini memakan waktu lima menit dan memerlukan tujuh langkah sebagai berikut.

Baca Juga: Angin Segar Bagi Rakyat Indonesia, Presiden Jokowi Bagikan Kabar Baik Bagi Para Pengangguran dan Masyarakat Kurang Mampu di Tengah Wabah Virus Corona

  1. Mengirim informasi demografis dasar.
  2. Batuk tiga kali.
  3. Katakan "a" selama mungkin.
  4. Katakan "o" selama mungkin.
  5. Katakan "e" selama mungkin.
  6. Berhitung sampai 20.
  7. Mengucapkan alfabet.
Menurut peneliti, aplikasi ini masih dalam tahap awal dan belum disetujui oleh lembaga seperti FDA atau CDC.

Itu juga tidak boleh digunakan sebagai pengganti tes pemeriksaan medis yang tepat jika pengguna khawatir memiliki Covid-19.

Baca Juga: Waspadai, Seorang Perempuan yang Tengah Hamil Muda Positif Terjangkit Virus Corona Karena Uang Kembalian dari Tukang Penjual Sayur Keliling, Begini Kesaksiannya!

Di sisi lain, metode dan alat baru pendeteksi virus Corona berbasis AI tanpa tes darah dan swab telah diterapkan di Tiongkok.

Adalah alat pindai CT (Computed Tomography) guna melihat secara langsung organ pasien yang diduga terjangkit Covid-19.

sciencealert
sciencealert

Virus Corona

Alat tersebut diproduksi dengan nama pasar Axial AI (uAI Dsicover PNA) yang dikembangkan oleh Shangai Research Center for Brain Science and Brain-Inspired Intelligence bersama China Academic of Sciences, Neurobionix, dan Skymind Laboratory of Neurobionix Research.

Baca Juga: Menggemparkan Dunia, Tempat Ini Dituding Jadi Tempat Asal Muasal Virus Corona yang Renggut Ribuan Nyawa, Ternyata Laboratorium di Wuhan Simpan 1.500 Virus Paling Mematikan Sepanjang Masa

Axial AI dapat secara otomatis menganalisis hasil foto CT scan dalam waktu 10 detik dengan akurasi lebih dari 90 persen.

Bahkan rumah sakit khusus COVID-19 di Wuhan, yakni Huo Shen Shan dan Lei Shen Shan Hospital, telah menggunakan alat ini dengan tingkat kesuksesan yang tinggi.

Alat itu bentuknya lebih kecil dari CPU dilengkapi dengan monitor dan dipasang pada pindai CT untuk memindai paru-paru pasien.

Baca Juga: Wabah Virus Corona Makin Serius, SBY Ciptakan Lagu Cahaya dalam Kegelapan, Sudjiwo Tedjo Langsung Beri Komentar, Singgung Kata Maaf dan Pancasila

Melalui kecanggihan AI, akan diketahui hasil dari pola-pola yang terekam pada paru-paru dan ginjal pasien COVID-19 yang umumnya terganggu.

Pada waktu singkat, Axial AI dapat memberikan kesimpulan apakah kondisi pasien membaik atau memburuk sehingga memungkinkan pasien mendapatkan penanganan lebih dini dan konsisten. (*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Tribun Medan

Baca Lainnya