Ilmuwan Asal Australia dan Perancis Uji Coba Vaksin BCG dan Takar Efeknya Demi Ikhtiar Menumpas Pandemi Covid-19, Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh Manusia!

Selasa, 07 April 2020 | 21:00
GridHealth.ID

Duel Maut Antar Ilmuwan Asal Australia dan Perancis Uji Coba Vaksin BCG dan Takar Efeknya demi Ikhtiar Menumpas Covid-19

GridStar.ID- Virus corona atau covid-19 merupakan kejadian luar biasa bagi dunia di 2020.

Ratusan nyawa telah melayang karena terinfeksi virus yang disebut-sebut berasal dari pasar hewan liar Wuhan China ini.

Berbagai upaya dilakukan untuk menemukan vaksin atau obat yang dapat melawan covid-19.

Baca Juga: Vaksinnya Masih Misteri Padahal Sudah Jadi Pandemi Dunia, Studi Ini Meyakini Virus Corona Adalah Senjata Biologis Rusia Demi Obsesi Membuat Tatanan Dunia Baru

Melansir dari Tribun-Medan.com,hingga saat ini, vaksin untuk Covid-19 belum ditemukan.

Semua ahli di seluruh dunia masih mencari formula terbaik yang aman bagi tubuh.

Mengembangkan vaksin spesifik untuk menangani Virus Corona yang menyebar di planet ini butuh waktu hingga berbulan-bulan.

Baca Juga: Tak Diam, Pemerintah Pernah Ungkap Pesanan 2 Juta Obat Penyembuh Virus Corona yang Sudah Dicoba Beberapa Negara, Jokowi: Sesuai Resep Dokter!

Selagi vaksin masih terus diupayakan, para peneliti tengah mempelajari potensi manfaat dari vaksin BCG.

Untuk diketahui, Bacille Calmette-Guérin (BCG) adalah vaksin untuk tuberkulosis yang dibuat dari baksil tuberkulosis yang dilemahkan dengan dikulturkan di medium buatan selama bertahun-tahun.

Vaksin BCG melindungi terhadap TB, penyakit menular yang paling umum menyerang paru-paru.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Gelombang Covid-19 Susulan yang Lebih Sulit Disembuhkan, Peneliti Sebut Virus Corona Baru Menginfeksi Selama 49 Hari!

Bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis adalah penyebab TB.

Vaksin BCG mengurangi kemungkinan bakteri menginfeksi seseorang.

Ini juga mengurangi keparahan penyakit pada mereka yang terkena.

Baca Juga: Tak Puas Hanya dengan Tenggak Urine Sapi Berjamaah, Warga India Kini Diminta Pasang Lilin Ramai-Ramai untuk Lawan Virus Corona, yang Terjadi Lagi-Lagi Malah Bikin Warganet Satu Dunia Geleng Kepala!

Vaksin BCG pertama kali tersedia pada tahun 1921, dan muncul pada Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

BCG untuk Covid-19 Banyak laboratorium dan perusahaan farmasi berlomba untuk menemukan obat-obatan yang berfungsi mengatasi Covid-19 yang telah menginfeksi lebih dari 1,27 juta orang di dunia dan menewaskan sedikitnya 69.000 orang.

Xinhua

ilustrasi peneliti

"Kami telah mengetahu selama beberapa dekade bahwa BCG memiliki efek menguntungkan. BCG mampu melindungi tubuh dari penyakit selain yang ditargetkan (TBC)," kata Camille Locht, dari lembaga penelitian kesehatan masyarakat Perancis, seperti dilansir AFP, Jumat (03/04).

Baca Juga: Bukan Hanya Menambah Cita Rasa Masakan, Coba Letakan Bumbu Dapur Ini di Sudut Rumah, Dijamin Virus Corona Tak Berani Masuk!

Dia menuturkan, anak-anak yang mendapat vaksin BCG minim menderita penyakit pernapasan lain.

BCG juga digunakan untuk mengobati kanker kandung kemih tertentu dan dapat melindungi diri dari asma dan autoimun seperti diabetes tipe 1.

Para peneliti ingin menguji apakah vaksin tuberkulosis dapat memiliki efek yang sama terhadap Virus Corona baru, baik untuk mengurangi risiko terinfeksi maupun membatasi gejala bertambah parah.

Baca Juga: Ngeyel! Warganya Anggap Enteng Virus Corona dengan Tetap Keluyuran dan Beraktivitas Seperti Biasa, Italia Jadi Negara dengan Tingkat Kematian Covid-19 Tertinggi di Dunia, Kalahkan China yang Dianggap Sumber Awal Corona!

"Karena petugas medis berada di garda depan untuk memerangi Covid-19, mereka akan menjadi target pertama jika ada manfaat yang ditemukan dari vaksin BCG," kata Locht yang sedang menyelesaikan detail uji klinis di Perancis.

Namun, para ahli tetap berhati-hati dalam melihat potensi BCG untuk memberikan perlindungan.

Nantinya, 500 tenaga medis profesional akan disuntik BCG, dan 500 tenaga medis lainnya akan mendapat plasebo atau obat yang tidak memiliki dampak sebagai variabel kontrol.

Baca Juga: Pilu, Tak Ingin Ambil Risiko Tulari Keluarga di Kampung dengan Virus Corona, Dua Mahasiswi Ini Terpaksa Karantina Mandiri di Gubuk Empang Berbekal Beras dan Lauk-pauk Seadanya

"Jika kelompok yang disuntik BCG menjadi sehat dan tidak terinfeksi Covid-19, ini akan menjadi kabar menggembirakan," imbuh Mihai Netea, profesor kedokteran internal eksperimental di Radboud University di Belanda.

"Vaksin BCG tidak secara langsung melindungi terhadap Virus Corona, tetapi memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan perlindungan dari infeksi," imbuhnya.

Australia juga menguji vaksin BCG Baru-baru ini peneliti di Murdoch Children's Research Institute (MCRI) di Australia mulai menyelidiki apakah vaksin BCG dapat memberi perlindungan mengatasi Covid-19.

Baca Juga: Dikira Hanya Menginfeksi Manusia, Nadia Jadi Harimau Pertama di Dunia yang Tertular Virus Corona, Pejabat Kebun Binatang Akui Tak Bisa Percaya dengan Kenyataan

Mereka berencana menguji vaksin BCG terhadap 4.000 petugas medis yang berada di garis depan rumah sakit di seluruh Australia.

Pemimpin proyek, Nigel Curtis dari MCRI, mengatakan, pihaknya berharap dapat menemukan kabar baik dari hal ini.

"Kami ingin melihat pengurangan dalam prevalensi dan keparahan gejala Covid-19 terhadap petugas pelayanan kesehatan yang menerima vaksin BCG," ungkap Curtis, seperti diwartakan Medical News Today, Kamis (02/04).(*)

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Kompas.com, tribun-medan.co

Baca Lainnya