Angin Segar Kembali Datang, Peneliti di Surabaya Temukan 5 Senyawa Bakal Obat Virus Corona, Lebih Ampuh dari Avigan dan Klorokuin, Zat Ini Terpercaya Mengobati Covid-19!

Jumat, 03 April 2020 | 07:00
Ilustrasi obat Covid-19/ Nova

Angin Segar Kembali Datang, Peneliti di Surabaya Temukan 5 Senyawa Bakal Obat Virus Corona, Lebih Ampuh dari Avigan dan Klorokuin, Zat Ini Terpercaya Mengobati Covid-19!

GridStar.ID - Tim peneliti Universitas Airlangga Surabaya menemukan lima jenis senyawa yang diharapkan akan menjadi obat virus Corona (Covid-19).

Senyawa ini bahkan memiliki kekuatan lebih dari Avigan dan Chloroquine yang hingga saat ini masih dipercaya menjadi obat pasien yang terinfeksi virus Corona.

Rektor Unair, M Nasih membeberkan, saat ini pihaknya sudah memperoleh lima senyawa yang menurut hasil riset yang lebih kuat ikatannya dibandingkan dengan Chloroquine untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Pesan 5 Juta Obat Virus Corona Berupa Avigan dan Klorokuin, China Sudah Uji Klinis Perbedaan Kondisi Paru-Paru Pasien

"Tapi tidak bisa langsung memproses, karena masih ada dua tahapan yang harus dilakukan dengan baik," ujar M Nasih di rektorat Unair, Rabu (01/04).

Untuk mendapat masukan dari berbagai pihak, dalam waktu dekat, hasil penelitian terhadap lima senyawa ini akan dituangkan dalam sebuah artikel di jurnal internasional.

Dari jurnal internasional itu nanti, para peneliti di dunia bisa mempercayai kredibilitas penelitian lima senyawa tersebut dan saling berdebat untuk menguji keabsahan hasil penelitian.

Baca Juga: Bak Angin Segar, Joko Widodo Umumkan Kabar Baik Terkait Wabah Virus Corona: Obat Ini menyembuhkan!

(Shutterstock)
(Shutterstock)

Ilustrasi Obat-obatan

"Akademisi bisa berdebat dan bisa teruji. Isu-isu tentang Corona bisa dilakukan dengan tajam dan ilmiah. Ini sedang diproses jurnal ilmiahya," tuturnya.

Setelah diskusi terjadi dan ditemukan koreksi-koreksi dari lima senyawa itu, maka tahapan berikutnya adalah pengujian secara langsung terhadap virus Corona.

Pengujian ini akan dilakukan di Institute of Tropical Disease (ITD) Unair yang selama ini sudah mampu melakukan tes swab PCR.

Baca Juga: WHO Tujuk Malaysia untuk Lakukan Uji Coba Solidarity Terhadap Obat Covid-19 Terbaru Bernama Remdesivir, Apa Itu?

"Virus akan diberikan senyawa itu lalu reaksinya akan diamati seperti apa sehingga sintetis obat bisa segera dihasilkan dengan sebaik-sebaiknya," ujar M Nasih.

Namun pembuatan obat Covid-19 dari senyawa ini membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya satu tahun.

Pasalnya harus ada pengujian praklinis dan uji klinis yang dilakukan.

Baca Juga: Kabar Baik! Wakil Wali Kota Bandung Dinyatakan Sembuh Corona, Yana Mulyana Beberkan Caranya Bisa Selamat dari Infeksi Covid-19 Meski Pengobatannya Berat

Namun M Nasih memastikan produk yang akan dihasilkan terpercaya sebagai obat Covid-19.

"Kami tidak ingin mengeluarkan produk yang belum teruji secara ilmiah," tuturnya.

Tim Koordinasi Satgas Pendeteksi Virus Corona, dr Soetjipto menambahkan, lima single substansis yang ditemukan oleh guru besar Unair merupakan senyawa tunggal dan secara molekular docking dan dinamic sudah dilakukan uji.

Baca Juga: Klaim Bisa Sembuhkan 90% Pasien Virus Corona Meski dalam Keadaan Kritis, Inilah Temuan Obat Baru untuk Covid-19

"Dihasilkan lima kandidat senyawa terbaik yang akan kami publikasikan dulu untuk mendapat masukan dari nasional dan internasional," paparnya.

Prof. Soetjipto, mengungkapkan, lima senyawa itu memiliki kemiripan dengan khasiat Chloroquine.

Kerja antivirus tersebut bisa sebagai nuklosa analog atau senyawa modifikasi DNA serta punya khasiat antioksidan untuk menjaga membran sel, protein, hingga DNA.

Baca Juga: Terjangkit Covid-19 Selepas Pulang dari Hawaii, Aktor Asal Korea Selatan Mengaku Sembuh Hanya dengan Konsumsi Obat Ini

"Nantinya hasil penelitian lima senyawa ini akan dilanjutkan dengan bekerja sama bersama pihak Kobe University untuk melakukan kultur. Terutama pemetaan genom Covid-19. Sehingga bisa membandingkan dan mencocokkan dengan virus yang beredar di luar negeri," urainya.

Setelah itu diperbanyak dan diujicobakan di dua pusat riset unair. Yaitu Pusat Riset Biomolekul Ion dan Institute Of Tropical Disease Unair. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim dengan judul BREAKING NEWS: Unair Surabaya Temukan Lima Jenis Senyawa Bakal Obat Virus Corona, Daya Ikat Kuat

Editor : Hinggar

Sumber : TribunJatim.com

Baca Lainnya