WHO Tunggu BTS Praktekkan Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Cegah Virus Corona, Ikuti Jejak Arnold Schwarzenegger, Yura Yunita, dan Gordon Ramsay

Rabu, 18 Maret 2020 | 10:00
Dispatch

BTS ditunggu WHO untuk ikut praktekkan cara mencuci tangan yang benar. Arnold Schwarzenegger dan Yura Yunita saja sudah.

GridStar.ID -Dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas, badan kesehatan dunia WHO (World Health Organization) kampanyekan cara mencuci tangan yang benar.

Beberapa artis atau seleb dalam dan luar negeri sudah ikut serta dalam kampanye Self Hands dari WHO ini.

Salah satu yang bagikan video cara mencuci tangan yang benar adalah aktor kenamaan Arnold Schwarzenegger.

Saat tengah mengisolasikan diri di rumah untukmencegah terjangkit dan penyebaran virus corona, aktor lagayang terkenal lewat filmnya The Terminator ini berbagi cerita tentang hari-hari isolasi mandirinya lewat Twitter.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun yang Ke-34 Tahun, Nikita Mirzani Sumbang Rp 100 Juta untuk Atasi Penyebaran Virus Corona di Indonesia

"Aksi" cuci tangannya itu ditemani sang anjing peliharaan, Cherry.

Dalam tweet dan videonya, Arnold menulis:

Saya berusaha membuat tutorial cara mencuci tangan yang benar buat Cherry, tapi saya rasa kamu akan lebih memperhatikanku daripada ia. Tetaplah aman. Cuci tanganmu. Dengarkan para ilmuwan dan ahli, bukan orang-orang bodoh. Bersama, kita bisa melambatkan penyebaran ini dan melindungi satu sama lain. #COVID19

Baca Juga: Sang Suami Mudik ke Australia di Tengah Wabah Virus Corona, Melaney Ricardo: Tidak Takut, Namun Hanya Khawatir dan Jadi Waspada

Hal yang sama juga dilakukan oleh Gordon Ramsay, koki kenamaan yang terkenal sebagai juri dalam MasterChef.

Chef bertangan besi dalam reality show berjudul Hell's Kitchen ini bahkan menantang Lewis Hamilton.

Baca Juga: Peneliti China Ungkap Golongan Darah yang Resisten dan Rentan Terhadap Virus Corona

Tolong untuk selalu mengikuti nasehat dari pihak kesehatan yang berwenang di negaramu.

Hei @lewishamilton, bagaimana kamu melakukannya (cuci tangan -red.)? Tulis Gordon Ramsey di keterangan fotonya.

Lewis sendiri adalah pembalap Formula 1 (F1) asal Inggris, yang juga sedang mengkampanyekan pencegahan corona di kalangannya.

Baca Juga: Bukan Masker! Ini Perlengkapan yang Harus Dibeli di Tengah Wabah Virus Corona Agar Tak Buang-Buang Uang

Selain kedua seleb dunia tadi, ikut pula band The Killers serta Sheryl Sandberg, perempuan nomor satu di Facebook.

Dari dalam negeri, adalah penyanyi Indonesia Yura Yunita, yang turut meramaikan ajakan mencuci tangan yang benar lewat akun Instagramnya, @yurayunita.

Sudah cuci tangan hari ini? Tulis Yura, disertai video dirinya bernyanyi dengan iringan laguHarus Bahagia.

Baca Juga: Pemerintah Sedang Coba Minimalisir Penularan Virus Corona, Masyarakat Kini Dibuat Kelimpungan dengan Masalah Lainnya

Lirik lagunya tersebut diubah khusus untuk tutorial cuci tangannya di Instagram.

Aktivitas digital ini adalah bagian dari kampanye cuci tangan sekaligus tantangan atau challenge "Safe Hands" dengan tagar #SafeHands dari WHO.

Baca Juga: Perempuan 20 Tahun Ini Putuskan Jadi Mualaf Usai Melihat Iklan Sirup Ramadhan di Televisi, Kok Bisa?

Tujuan utamanya tentu untuk membantu mengekang penyebaran virus corona dan membangkitkan kesadaran pentingnya mencuci tangan yang benar.

Satu artis K-POP yang sengaja disebut spesifik untuk turut bergabung mengkampanyekan cara mencuci tangan yang benar adalah BTS.

Lewat akun Twitternya, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan bahwa dia menominasikan BTS untuk ikut serta dalam #SafeHands challenge dengan membagikan video mereka dan menantang setidaknya 3 orang untuk ikut serta.

Baca Juga: Disebut Halu Karena Luna Maya Idolakan Member BTS hingga Sebut Suami, Ariel NOAH Rupanya Juga Disebut Halu Karena Fotonya Ini!

Bersama, kita bisa mengalahkan # COVID19! Tulis Dr. Tedros.

Hmm, kalau sampai BTS keluarkan video cara mencuci tangan yang benar, lalu melakukannya sambil menyanyi, kira-kira apa yang akan terjadi?

Yang jelas, semua ARMY di seluruh dunia, termasuk ARMY Indonesia untuk BTS, pasti akan nurut danviralkan videonya, ya?

Cuci tangan memang adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran dan penjangkitan virus corona penyebab COVID-19.

Baca Juga: Cerita Kesembuhan Pasien Positif Covid-19, Pria Asal Korea Selatan Beri Kesaksian Pulih 100 Persen dengan Lakukan Hal Ini: Corona Bisa Dikalahkan, Saya Sepenuhnya Pulih

Tentunya, mencuci tangan yang baik dan benar haruslah menggunakan sabun dan dilakukan sesering mungkin.

Khususnya setelah beraktivitas atau memegang benda-benda yang mungkin berada di tempat umum. (*)

Editor : Hinggar

Baca Lainnya