Jangan Salah Kenali, Ini Gejala Pasien Terinfeksi Virus Corona dari Kondisinya Hari ke Hari yang Mirip Pneumonia, Awalnya Diare hingga Paru-Paru Terisi Cairan

Senin, 16 Maret 2020 | 12:20
shuttershock

Jangan Salah Kenali, Ini Gejala Pasien Terinfeksi Virus Corona dari Kondisinya Hari ke Hari yang Mirip Pneumonia, Awalnya Diare hingga Paru-Paru Terisi Cairan

GridStar.ID - Virus corona yang kini mulai mewabah di Tanah Air menyebabkan pemerintah menetapakannya sebagai kejadian luar bisa.

Jumlah pasien corona yang terinfeksi tercatat 117 jiwa pada Minggu, (15/03).

Penyebarannya yang tergolong cepat membuat sejumlah kebijakan menerapkan sistem lockdown serta penutupan.

Baca Juga: Tantri Kotak Bantah Anak Keduanya yang Tengah Dirawat Intensif Terkena Virus Corona Saat Usianya Baru 16 Hari, Begini Fakta Sebenarnya!

Menurut gejalanya, ini yang akan terjadi pada pasien terinfeksi virus corona dari hari ke hari.

Hari ke-1 Pasien mengalami demam. Tubuhnya mungkin juga mengalami semacam kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Ada pula yang mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke-5 Ada pasien yang mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut atau memiliki riwayat penyakit lain sebelumnya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Batasi Penggunaan Transportasi Umum, Begini Poret Puluhan Orang Rela Antrean Panjang hingga Turun ke Jalan Raya Demi Naik Bus TransJakarta, Simak Rute yang Masih Beroperasi!

Hari ke-7 Pada hari ke-7, menurut penelitian Universitas Wuhan, ini merupakan waktu rata-rata pasien masuk ke rumah sakit.

Hari ke-8 Pada pasien yang mengalami kondisi parah, sekitar 15 persen mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Saat ini terjadi, cairan telah memenuhi paru-paru, dan sering kali berakibat fatal.

Hari ke-10 Ketika gejala memburuk, pasien akan dibawa ke ICU. Biasanya, mereka mengalami gangguan pada bagian perut, dan kehilangan nafsu makan. Pada rentang waktu ini, sebagian kecil meninggal, yakni 2 persen.

Baca Juga: Kondisi Badannya Tidak Ada Keluhan Panas dan Batuk, Pasien Anak Positif Corona di Yogyakarta Sempat Jalan-Jalan di Depok, Sri Sultan Hamengkubuwono X: Mohon Doanya Agar Segera Sembuh

Hari ke-17 Setelah menjalani perawatan selama lebih kurang 2,5 minggu, pasien yang kondisinya membaik biasanya sembuh dan keluar dari rumah sakit.

Ahli epidemiologi University of Texas, Lauren Ancel Meyers, mengatakan, ada pasien yang terinfeksi tanpa menunjukkan gejala selama lima hari atau lebih.

Oleh karena itu, gejala-gejala awal pada sebagian orang tidak datang tepat setelah mereka terinfeksi.

Baca Juga: Suaranya Bergetar Lantunkan Azan dengan Lafaz Tak Biasa, Muazin bak Tahan Tangis Saat Kumandangkan Seruan Salatlah Kalian di Rumah Akibat Virus Corona: Shollu Fi Rihaalikum

Namun, ketika gejala muncul, akan terlihat mirip dengan pneumonia. Bagaimana membedakan Covid-19 dengan pneumonia? Ahli radiologi Thomas Jefferson University, Paras Lakhani, mengatakan, keduanya dapat dibedakan dari caranya memburuk dari waktu ke waktu.

Pneumonia biasanya tidak berkembang dengan cepat, biasanya, sebagian besar rumah sakit akan mengobati dengan antibiotik dan pasien akan stabil hingga kemudian mulai membaik.

Namun, pasien virus corona kondisinya bisa semakin memburuk, bahkan setelah mereka menerima perawatan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kenali, Ini Gejala Awal Terinfeksi Virus Corona dari Hari ke Hari

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : kompas

Baca Lainnya