Thalita Latief Kena Tumor Tiroid Stadium 4, Kenali Gejala-gejalanya yang Mirip Radang Tenggorokan Biasa

Sabtu, 07 Maret 2020 | 14:35
Instagram @thalitalatief/net

Thalita Latief Kena Tumor Tiroid Stadium 4, Kenali Gejalanya yang Mirip Radang Tenggorokan

GridStar.ID - Artis cantik Thalita mengidap tumor tiroid yang sudah mencapai stadium 4.

Ia sudah berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor tiroid.

Thalita dapat melewati masa-masa sulit yang tidak terduga terjadi pada dirinya.

Baca Juga: Alami Tumor Otak, Perempuan Ini Diminta Bermain Biola di Operasi Kepala Dilakukan

Menurut sang suami Dennis operasi Thalita Latief berjalan lancar.

"Alhamdulillah operasi istri saya berjalan lancar. Terima kasih teman-teman atas doa dan dukungannya," tulis Dennis di insta story. Dennis merupakan anggota Layla Band

Lalu apakah itu tumor tiroid?

Dikutip dari Alodokter begini penjelasan soal tumor atau kanker tiroid.

Baca Juga: Derita Penyakit Serius, Penyanyi Religi Sulis Dikabarkan Tutup Usia hingga Suami Klarifikasi Beritanya, Kini Nasibnya Berubah Drastis Jadi Ibu Rumah Tangga!

Tumor atau kanker tiroid adalah kanker yang menyerang kelenjar tiroid.

Kanker tiroid akan menyebabkan pertumbuhan sel-sel di kelenjar tiroid menjadi tidak terkendali.

Salah satu penyakit tiroid yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker tiroid adalah penyakit gondok.

Baca Juga: Dikenal Gila Kerja, Raffi Ahmad Didiagnosa Penyakit Langka Stadium 3, Dokter: Beresiko Kehilangan Suara

Kanker tiroid merupakan penyakit yang jarang terjadi.

Penderita yang mengalami kanker tiroid sering kali tidak merasakan gejala apa pun pada awalnya.

Jika ukuran kelenjar tiroid sudah cukup besar, bisa tampak benjolan atau pembengkakan pada bagian depan leher.

Baca Juga: 5 Fakta Mengenai Meninggalnya Ashraf Sinclair, Riwayat Penyakit hingga Tempat Pemakaman

Gejala Kanker Tiroid

Kanker tiroid jarang menimbulkan gejala di awal. Namun, seiring pertumbuhan sel dan jaringan, akan muncul benjolan di bagian depan leher.

Benjolan tersebut tidak mudah digerakkan, terasa kencang, tidak terasa sakit, dan cepat membesar.

Selain benjolan pada bagian leher, ada beberapa gejala lain yang mucul setelah kanker memasuki stadium lanjut, antara lain:

Baca Juga: Dunia Kembali Digegerkan, Belum Tuntas Perkara Virus Corona, Muncul Lagi Penyakit Mematikan yang Bisa Membunuh dalam Waktu 48 Jam, Waspadai!

BatukNyeri di leherSakit tenggorokanSuara serak yang tidak membaik setelah beberapa mingguPembengkakan kelenjar getah bening di bagian lebherSulit menelanSulit bernapasJika sel-sel kanker meningkatkan produksi hormon tiroid, kanker tiroid akan menyebabkan hipertiroidisme yang memiliki gejala berupa jantung berdebar, tangan tremor atau gemetar, penurunan berat badan, gelisah, mudah marah, mudah berkeringat, rambut rontok, dan diare.

Baca Juga: Teka-Teki Misteri Hasil Otopsi Lina Pecah, Terungkap Mantan Istri Sule Idap Penyakit Kronis Ini yang Sebabkan Kematian Mendadak

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika Anda mengalami keluhan atau gejala yang disebutkan di atas.

Segera ke dokter jika Anda menemukan adanya benjolan di leher bagian depan, terutama jika benjolan tersebut membesar dengan cepat atau menyebabkan Anda sulit untuk bernapas.

Anda juga disarankan untuk melakukan kontrol rutin ke dokter jika memiliki riwayat penyakit tiroid atau sedang melakukan radioterapi, khususnya di bagian leher.

Baca Juga: Penyakit yang Bisa Menyebabkan Kelumpuhan Menyebar di Sekitar Rumahnya, Narji Cek Darah Setelah Alami Gejala Ini

Penyebab Kanker Tiroid

Penyebab pasti kanker tiroid masih belum diketahui. Namun, kondisi ini diduga disebabkan oleh mutasi genetik. Mutasi genetik akan membuat pertumbuhan sel-sel kelenjar tiroid menjadi tidak terkendali dan merusak jaringan yang ada di sekitarnya.

Walaupun penyebab kanker tiroid belum dapat dipastikan, ada beberapa faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini, yaitu:

Seseorang yang menderita penyakit tiroid, seperti peradangan kelenjar tiroid (tiroiditis) dan penyakit gondok, lebih berisiko mengalami kanker tiroid.

Baca Juga: Masuk Rumah Sakit Hingga Harus 'Ditidurkan', Penyakit Ini yang Menyerang Suami Soraya Haque

Paparan radiasi yang dialami selama masa kanak-kanak, misalnya saat melakukan radioterapi, juga akan meningkatkan risiko terjadinya kanker tiroid.

Memiliki riwayat kanker tiroid dalam keluarga

Risiko terjadinya kanker tiroid akan meningkat jika seseorang memiliki keluarga yang pernah menderita kanker ini.

Baca Juga: Belum Sembuh dari Penyakitnya, Panglima Langit Sebut Ashanty Diserang 7 Dukun Santet

Menderita kelainan genetik tertentu

Beberapa kelainan genetik, seperti familial adenomatous polyposis (FAP), multiple endocrine neoplasia, dan sindrom Cowden, juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker tiroid.

Berjenis kelamin wanita

Wanita dikatahui lebih rentan mengalami penyakit ini daripada laki-laki.

Baca Juga: Justin Bieber Mengaku Alami Penyakit Lyme, Sebuah Infeksi yang Biasa Dibawa Oleh Kutu

Memiliki kondisi medis tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker tiroid, di antaranya akromegali dan obesitas.Diagnosis Kanker TiroidDokter akan menanyakan keluhan dan gejala yang dialami oleh pasien, riwayat kesehatan pasien, serta riwayat penyakit yang ada di keluarga pasien.

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, khususnya pada bagian leher untuk memeriksa benjolan atau pembengkakan pada bagian tersebut.

Untuk memastikan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang berupa:

Baca Juga: Mantan Suami Sule Tak Miliki Riwayat Penyakit Kronis, Begini Kesaksian Tetangga Lina yang Turut Mandikan Jenazah

Tes darah, untuk mengetahui kadar hormon tiroid, seperti T3, T4, dan TSH di dalam darah.

Biopsi, untuk menentukan apakah kelenjar tiroid mengalami kanker atau tidak serta untuk indentifikasi jenis sel yang mengalami keganasan.

Pemindaian dengan USG, CT Scan, dan MRI, untuk mengidentifikasi benjolan yang ada di leher dan ada tidaknya penyebaran (metastasis) kanker tiroid ke bagian tubuh lain.

Baca Juga: Penyakit Mewabah Pasca Banjir, Ini Cara Mencegah Agar Tak Jatuh Sakit

Pemindaian dengan PET scan, untuk mengetahui apakah kanker sudah menyebar atau belum.

Tes genetik, untuk mengidentifikasi kelainan genetik yang mungkin berkaitan atau menyebabkan terjadinya kanker tiroid.

Tahapan perkembangan kanker tiroid

Berdasarkan jenis sel yang berubah menjadi ganas, kanker tiroid dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu papiler (jenis yang paling sering), folikuler, meduler, dan anaplastik. Jika dibagi berdasarkan stadium dan tahapan perkembangannya, kanker tiroid dapat dibagi menjadi 4 stadium yang berdasarkan klasifikasi TNM (tumor, nodul, dan metastasis).

Baca Juga: Ramalan 2020: Roy Kiyoshi Beberkan Lihat Artis Mendadak Kena Penyakit Aneh hingga Bakal Muncul Lagi Kasus Ikan Asin!

Pengobatan Kanker Tiroid

Jika pasien sudah dipastikan menderita kanker tiroid, dokter akan segera memberikan pengobatan sesuai jenis dan stadium kanker yang diderita pasien.

Berikut ini adalah beberapa langkah pengobatan untuk menangani kanker tiroid:

1. Operasi tiroidektomi

Operasi tiroid dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid, baik sebagian (hemitiroidektomi) atau seluruhnya (tiroidektomi total).

Baca Juga: Bukan Serangan Jantung, Ini Penyakit yang Diderita Mantan Istri Sule Sebelum Akhirnya Meninggal Dunia

Pemilihan jenis operasi akan disesuaikan dengan jenis dan ukuran kanker tiroid, serta apakah sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

2. Terapi pengganti hormon

Terapi pengganti hormon tiroid diberikan kepada pasien yang menjalani tiroidektomi total, karena bila kelenjar tiroid diangkat seluruhnya, otomatis produksi hormon tiroid juga akan terhenti.

Setelah tiroidektomi total, terapi pengganti hormon perlu diberikan seumur hidup.

Baca Juga: Mbah Mijan dan Roy Kiyoshi Kompak Ramalkan Mengenai Artis yang Diserang Penyakit dan Meninggal secara Misterius di Tahun 2020

Tes darah secara berkala juga perlu dilakukan untuk memantau kadar hormon tiroid di dalam tubuh dan menyesuaikan dosis terapi pengganti hormon tiroid.

3. Pengaturan kadar kalsium

Operasi pengangkatan kelenjar tiroid sering kali mempengaruhi kelenjar paratiroid yang terletak dekat dengan kelenjar tiroid. Hal ini akan mempengaruhi kadar kalsium dalam darah.

Oleh karena itu setelah dilakukan operasi pengangkatan tiroid akan dilakukan pemantauan kadar kalsium dalam darah. Jika diperlukan akan diberikan suplementasi kalsium secara rutin.

Baca Juga: Meski Banjir Telah Surut, Waspadai 5 Penyakit yang Mengintai Setelahnya!

4. Terapi iodium radioaktif

Pengobatan ini berfungsi untuk menghancurkan sel-sel kanker di kelenjar tiroid. Terapi ini juga bertujuan untuk mencegah agar sel kanker tidak muncul lagi setelah menjalani operasi.

5. Radioterapi

Dalam prosedur ini, alat yang mengeluarkan gelombangradioaktif akan diarahkan ke kelenjar tiroid.

Pengobatan ini biasanya dilakukan untuk mengatasi kanker tiroid tahap lanjut atau kanker tiroid anaplastik.

Baca Juga: Ramalan Roy Kiyoshi Tahun 2020: Banyak Public Figure Terkena Penyakit Dadakan Hingga Meninggalnya Seorang Artis Senior

6. Kemoterapi

Pemberian obat-obat kemoterapi biasanya akan dilakukan untuk mengatasi kanker tiroid anaplastik yang sudah menyebar hingga ke bagian tubuh lain.

Komplikasi Kanker TiroidSel-sel kanker dapat mengalami penyebaran (metastasis). Metastasis kanker tiroid dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh, seperti paru-paru, tulang, dan otak.

Selain itu, pertumbuhan kanker tiroid dapat menyebabkan komplikasi lainnya, yaitu cedera pada pita suara dan kesulitan bernapas.

Baca Juga: Bagikan Warisannya yang Segunung Usai Divonis Derita Penyakit Mematikan, Hotman Paris Curiga: Senang Gue Cepat Mati?

Kanker tiroid tidak bisa dicegah. Namun, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin jika mengalami penyakit tiroid atau pernah mendapatkan paparan radiasi.

Selain itu, untuk menurunkan risiko terkena kanker tiroid, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan menjaga berat badan tetap ideal. (*)

Artikel ini telah tayang di WARTAKOTAlive.com yang berjudul Thalita Latief Operasi Tumor Tiroid Stadium 4, Gejalanya Mirip Radang Tenggorokan

Editor : Tiur Kartikawati Renata Sari

Sumber : Instagram, Wartakotalive.com

Baca Lainnya